Awas! Hidup Terlalu Bersih Berisiko Iritasi Hingga Infeksi

Selasa, 24 November 2015 - 13:25 WIB
Awas! Hidup Terlalu...
Awas! Hidup Terlalu Bersih Berisiko Iritasi Hingga Infeksi
A A A
JAKARTA - Semua hal yang berlebihan diketahui tidak baik. Hal tersebut juga berlaku bagi kesehatan. Bahkan, beberapa peneliti mengungkapkan, hidup terlalu bersih memicu kulit menjadi iritasi hingga infeksi.

Untuk itu, perhatikan kebersihan Anda. Berikut beberapa efek samping jika hidup terlalu bersih yang dilansir dari Times of India.

1. Mandi terlalu lama
Mandi terlalu lama memicu terjadinya infeksi dan iritasi. Dengan demikian, kulit menjadi kering dan bakteri lebih mudah masuk ke dalam tubuh.

2. Menyikat gigi setelah makan
Meski membersihkan mulut penting, namun menyikat gigi secara berlebihan bisa menyebabkan gigi menjadi lebih rapuh. Para peneliti menganjurkan, membersihkan gigi cukup tiga kali sehari.

3. Menyeka keringat pakai tangan
Tidak dianjurkan menyeka keringat menggunakan tangan. Pasalnya, dalam satu jam tangan kerap menyentuh lebih dari 1000 bakteri. Sebaiknya, menyeka keringat Anda dengan handuk kecil.

4. Menggunakan penyedot debu
Norovirus, virus yang menyerang perut ternyata bisa hidup pada karpet di rumah Anda lebih dari satu bulan. Membersihkan karpet menggunakan penyedot debu tidak mampu membunuh semua bakteri yang Anda. Untuk itu, bersihkan karpet di laundry setiap bulan.

5. Menggunakan sanitizer berlebihan
Sebuah penelitian yang melibatkan lebih dari 11 ribu anak menyatakan, lingkungan yang terlalu higienis memicu penyakit eksim dan asma. Sementara menggunakan sanitizer berlebihan memicu kulit kering, retak dan juga rentan terhadap bakteri.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0667 seconds (0.1#10.140)