Enam Tempat Paling Banyak Kuman di Supermarket!

Sabtu, 28 November 2015 - 11:25 WIB
Enam Tempat Paling Banyak Kuman di Supermarket!
Enam Tempat Paling Banyak Kuman di Supermarket!
A A A
JAKARTA - Kuman mudah ditemukan dimana saja. Termasuk tempat yang terlihat bersih dan berkilau, seperti supermarket. Bagaimana tidak, sebagai tempat umum, barang-barang di supermarket kerap disentuh ribuan orang.

Kasir menjadi salah satu tempat berkuman di supermarket. Seperti diketahui, uang menyimpan banyak kuman. Selain dari uang, kasir juga terkontaminasi dari berbagai macam barang lainnya. Berikut 6 tempat paling kotor di supermarket berdasarkan Daily Meal.

1. Conveyor belt
Sebuah penelitian dari International Association of Food Protection mengungkapkan, ada kandungan jamur, ragi, bakteri dan kuman yang hidup dan tumbuh di belt tersebut. Studi dari Michigan State University menemukan bakteri dari semua belt yang disurvei. Alat ini pun dibuat dari bahan berdasar PVC yang berpori dan sulit dibersihkan.

2. Keypad kartu kredit
Saat menggunakan kartu kredit, Anda akan diminta memberikan pin dengan menekan tombol di alat tersebut. Namun tidak hanya Anda yang menekan, untuk itu dipastikan alat tersebut penuh dengan kuman.

3. Tas belanja
Meski dinilai ramah lingkungan, namun tas belanja yang biasa digunakan berkali-kali menyimpan banyak kuman. Pasalnya, dalam tas tersebut kerap bersentuhan dengan berbagai macam barang. Apalagi jika jarang dicuci.

4. Troli
Troli kerap digunakan untuk meletakan berbagai macam barang belanjaan. Waspadalah pada bagian pegangan troli. Pasalnya itu merupakan tempat paling kotor dari troli.

5. Lantai
Lantai supermarket terlihat bersih dan berkilau. Namun nyatanya tempat ini menjadi paling kotor di supermarket. Oleh karena itu, lantai menjadi yang wajib untuk dibersihkan setiap hari.

6. Kemasan daging merah
Daging mentah yang tidak langsung digunakan bisa menyebabkan bakteri hingga terkontaminasi. Bahkan menurut penelitian, daging mentah bisa menyebabkan bakteri E.coli dan listeria. Plastik kedap udara menjadi lokasi favorit mereka untuk berkembang.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8410 seconds (0.1#10.140)