Lemari Es Kotor Merangsang Tumbuhnya Bakteri

Sabtu, 28 November 2015 - 17:35 WIB
Lemari Es Kotor Merangsang Tumbuhnya Bakteri
Lemari Es Kotor Merangsang Tumbuhnya Bakteri
A A A
JAKARTA - Lemari es kerap dipilih untuk menyimpan berbagai jenis bahan makan. Seperti daging, telur, ikan dan sayuran. Dengan demikian, lemari es bisa menjadi tempat berkembangnya bakteri.

Contohnya seperti daging yang dipotong separuh, mudah ditumbuhi bakteri dan terkontaminasi. Untuk itu, pastikan Anda segera memasak semua daging dan tidak menyisakannya.

Ketua Umum Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia, Prof Dr Ir H Hardinsyah MS menjelaskan, untuk terhindar dari tumbuhnya bakteri dalam lemari es, perhatikan suhu, cara pengemasan dan kebersihan lemari es.

"Lemari es nggak bisa mematikan bakteri. Dia hanya memperlambat pertumbuhannya. Jadi ibaratnya dia cuma tidur doang itu bakteri. Karena ada jenis bakteri yang memiliki spora dan dapat bertahan hidup dalam suhu di bawah minus nol derajat Celsius," papar Hardinsyah di Jakarta.

Parahnya, jika makanan sudah terkontaminasi bisa menyebabkan terjadinya pembusukan dan penyakit. Untuk itu perhatikan suhu lemari es Anda. Idealnya, lemari es harus satu derat lebih rendah dari suhu yang biasa digunakan.

Selanjutnya, Hardinsyah menyarankan untuk mengemas daging dan ikan dengan tertutup secara rapat. Tidak dianjurkan menyimpan daging bersamaan dengan yang sudah diolah.

"Disimpan dengan tutup yang rapat. Habis dipotong jangan jadi satu. Tapi pisahkan. Pas mau masak kan juga memudahkan kita untuk mengambilnya. Jadi nggak perlu repot harus memotong lagi," kata dia.

"Bersihkan lemari es secara rutin. Bersihkan dua minggu sekali. Kulkas yang kotor juga menjadi menyebabkan tumbuhnya bakteri," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8169 seconds (0.1#10.140)