Flu, Bolehkan Tetap Beraktivitas?

Rabu, 02 Desember 2015 - 13:17 WIB
Flu, Bolehkan Tetap Beraktivitas?
Flu, Bolehkan Tetap Beraktivitas?
A A A
JAKARTA - Musim hujan telah datang, flu menjadi salah satu penyakit yang mudah menyerang. Tidak hanya itu, penyakit ini juga mudah ditularkan dari satu orang ke orang lain.

Untuk gejala, umumnya penderita akan mengalami pegal-pegal, batuk kering, sakit tenggorokan, hidung tersumbat, sakit kepala, bersin-bersin dan kehilangan nafsu makan. Tentunya gejala tersebut sangat mengganggu aktivitas Anda.

Tak heran jika banyak orang yang menderita flu, lantas memilih untuk berdiam diri. Penderita akan memilih duduk dirumah dibandingkan harus melakukan aktivitas. Padahal, Dr. John Berardi, Ph.D., CSCS, menganjurkan untuk tetap bergerak dengan intensitas rendah.

Dilansir dari LiveStrong, meski demikian, John memperingatkan untuk berhati-hati dengan kardio saat berlatih di hari pertama saat sakit.

"Ketika sedang sehat, tubuh kita akan dengan mudah beradaptasi dengan stres itu. Adaptasi inilah yang membuat kita bugar dan sehat dari waktu ke waktu. Tapi ketika sedang sakit, stres karena latihan, akan sulit diadapastai oleh tubuh kita," papar John.

John menjelaskan, bergerak yang dimaksud adalah tetap melakukan aktivitas sehari-hari, aktif secara fisik atau melakukan latihan intensitas rendah seperti berjalan, bersepeda santai, berkebun, tai chi, jogging, berenang, qi gong, dan yoga.

Aktivitas tersebut dipercaya tidak akan membuat stres tubuh Anda. Bahkan, kegiatan tersebut mampu meningkatkan kemampuan tubuh melawan penyakit. Para peneliti menganjurkan untuk melakukan latihan yang teratur untuk merangsang kekebalan tubuh Anda. Satu sesi latihan moderat dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh adaptif Anda.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8904 seconds (0.1#10.140)