Waspadai Nyeri di Punggung dan Leher

Kamis, 03 Desember 2015 - 08:30 WIB
Waspadai Nyeri di Punggung dan Leher
Waspadai Nyeri di Punggung dan Leher
A A A
JAKARTA - Waspadalah bagi Anda yang merasakan nyeri di bagian punggung dan leher! Pasalnya, nyeri di bagian punggung dan leher menandakan adanya gangguan di sekitarnya.

"Pada dasarnya setiap manusia pasti pernah mengeluh nyeri daerah punggung paling tidak sekali dalam seumur hidupnya," papar spesialis ortopedi dari MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, dr. S. Dohar A.L. Tobing SpOT, K-Spine, saat jumpa pers di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta, Rabu (2/12/2015).

Dijelaskan Dohar, nyeri leher juga bisa disertai dengan nyeri pada kedua lengan. Hal ini terjadi bila disertai dengan gangguan pada saraf. Demikian juga pada nyeri punggung bawah yang disertai dengan gangguan nyeri atau sensasi pada tungkai bawah.

"Penyebabnya bisa berbagai hal. Mulai dari gangguan saraf, otot, degenerasi bantalan tulang belakang (disk), arthritis, infeksi, trauma, tumor dan gangguan autoimun," kata dia.

Untuk memastikan penyebabnya, maka diperlukan pemeriksaan laboratorium dan juga investigasi dengan pemeriksaan radiologis, baik foto rontgen biasa dan CT scan atau MRI. Meski demikian, sebagian besar keluhan tersebut dapat diatasi dengan obat-obatan dan fisioterapi.

Namun tak jarang di beberapa kasus memerlukan adanya tindakan pembedahan. Menurut dia, nyeri punggung terjadi dari leher, punggung atas, tengah dan bawah.

"Atau bila adanya gangguan saraf akibat penekanan kelainan yang ada maka tentunya diperlukan tindakan pembedahan dekompresi atau pengurangan tekanan," ujar dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6559 seconds (0.1#10.140)