Sembarangan Gunakan Sikat Gigi Picu Trauma!

Sabtu, 12 Desember 2015 - 15:32 WIB
Sembarangan Gunakan Sikat Gigi Picu Trauma!
Sembarangan Gunakan Sikat Gigi Picu Trauma!
A A A
JAKARTA - Memperhatikan bahan dan bentuk sikat gigi yang akan digunakan merupakan sebuah keharusan. Pasalnya, salah memilih sikat gigi bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Terutama kesehatan gigi dan mulut.

Bahkan, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Departement of Operativa and Preventive Dentistry and Endodontics, Heinrich Heine University mengungkapkan, bahwa menyikat gigi menggunakan sikat dengan bulu yang keras memicu terjadinya trauma pada jaringan lunak pada gigi dan mulut.

Hal senada juga diungkapkan oleh drg. Ratu Mirah Afifah GCClinDent, MDSc. Menurutnya, penggunaan sikat gigi yang tidak tepat membuat kebersihan gigi dan mulut tidak optimal.

"Hal ini diakibatkan oleh plak yang masih menempel, sehingga dapat menimbulkan masalah lain seperti cedera gusi dan dapat menyebabkan abrasi dan resesi gusi. Bahkan yang lebih lanjut bisa menyebabkan gigi menjadi sensitif," papar Mirah di Jakarta.

Mirah pun menyarankan agar memperhatikan sikat gigi yang akan digunakan. Pastikan sikat gigi yang Anda gunakan memiliki bulu sikat yang halus. Sementara untuk bentuk, sikat gigi harus bisa menjangkau semua sudut mulut.

"Jadi, menyikat gigi tidak boleh asal sembarang saja. Harus diperhatikan pemilihan sikat giginya, serta penting untuk selalu mengganti sikat gigi minimal enam bulan sekali atau setelah sikat gigi terlihat lebih kotor dan mengembang," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7851 seconds (0.1#10.140)
pixels