Makanan dan Minuman yang Tercemar Diduga Penyebab Hepatitis A di IPB

Senin, 14 Desember 2015 - 14:30 WIB
Makanan dan Minuman yang Tercemar Diduga Penyebab Hepatitis A di IPB
Makanan dan Minuman yang Tercemar Diduga Penyebab Hepatitis A di IPB
A A A
BOGOR - Musim hujan memicu penularan berbagai macam penyakit. Selain flu dan demam, hepatitis A juga harus di waspadai. Bahkan, baru-baru ini terdapat kasus di Institut Pertanian Bogor (IPB) yang sudah termasuk kejadian luar biasa (KLB).

Dikutip dari Dokter Ari's Blog, jumlah kasus terus meningkat bahkan sampai puluhan mengingat kejadiannya berawal di kampus, maka jumlah yang terinfeksi bisa lebih besar lagi. Parahnya, jika tidak dilakukan upaya-upaya pencegahan yang signifikan, KLB bisa menjadi wabah.

Seperti diketahui infeksi hepatitis A merupakan infeksi endemis di masyarakat. Jumlah kasus akan meningkat di akhir kemarau dan di masa awal musim hujan. Hepatitis A merupakan infeksi organ hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis A.

Umumnya, penyakit ini ditularkan melalui makanan, minuman, kontak langsung dan hubungan seksual secara anal atau oral. Namun dalam kasus di IPB, masih menunggu hasil penelitian yang dilakukan. Ari pun menduga, penyakit ini disebabkan oleh makanan atau minuman yang tercemar.

"Karena sebenarnya tidak mudah untuk tertular dari satu orang ke orang lain yang hanya bertemu di kampus," papar Ari.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6271 seconds (0.1#10.140)