Berikut Gejala Terserang Hepatitis A

Senin, 14 Desember 2015 - 20:30 WIB
Berikut Gejala Terserang Hepatitis A
Berikut Gejala Terserang Hepatitis A
A A A
JAKARTA - Hepatitis A merupakan infeksi organ hati yang disebabkan oleh virus hepatitis A. Umumnya, penyakit ini ditularkan melalui makanan, minuman dan kontak langsung.

Selain itu, hubungan seksual juga bisa menjadi penyebab tertularnya hepatitis A jika melakukan seksual secara anal atau oral. Virus ini terdapat pada feses pasien yang terinfeksi. Oleh karena itu makanan dan minuman menjadi media utama penyebab penularan infeksi ini.

"Pasien dengan hepatitis A, biasanya datang sudah kuning dan seperti air teh. Gejala yang timbul bisa ringan sampai berat bahkan jika terjadi hepatitis fulminan akibat virus hepatitis A ini dapat menyebabkan kematian," papar dr. Ari F Syam.

Dikutip dari Dokter Ari's Blog, sebelumnya pasien akan mengalami common cold, seperti orang yang mengalami gejala flu, sakit badan, mual, disertai muntah, nafsu makan menurun dan lemas. "Pasien juga merasakan nyeri di perut kanan atas karena memang pasien dengan infeksi hepatitis A yang meradang adalah livernya yang sebagian besar berada di perut kanan atas," ujar dia.

Masa inkubasi atau masa masuknya penyakit sampai timbul gejala akan berlangsung antara 2—6 pekan. Kabar baiknya, penyakit ini bisa sembuh total namun pasien harus istirahat total. Pasien hepatitis A akan diisolasi dan tidak dianjurkan tidur sekamar dengan orang sehat.

"Di RS pun biasanya pasien tidur hanya sendiri di kamar dan dipisah dengan pasien lain. Sebagian pasien memang tidak perlu dirawat tetapi jika pasien mengalami mual dan muntah dan tidak mau makan sebaiknya memang dirawat untuk mendapat infus cairan dan makanan," ujar dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7245 seconds (0.1#10.140)