20 Racun pada Asap Lilin Ancam Kesehatan

Jum'at, 18 Desember 2015 - 11:30 WIB
20 Racun pada Asap Lilin...
20 Racun pada Asap Lilin Ancam Kesehatan
A A A
JAKARTA - Waspadalah jika Anda kerap menggunakan lilin, baik untuk penerangan atau menghiasi meja makan malam Anda. Pasalnya, sering menghirup aroma lilin bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan.

Lilin dipercaya mengandung bahan kimia berbahaya yang dinilai sama berbahayanya seperti rokok. Diperkirakan ada 20 racun seperti trikloroetana, aseton, xylene, fenol, kresol, dan klorobenzena yang mampu menyebabkan kanker, iritasi pada paru-paru, dan kerusakan otak.

Namun tidak hanya itu, berikut beberapa bahaya lainnya yang disebabkan dari menghirup asap lilin yang dilansir dari Boldsky.

1. Asma
Kondisi pernapasan penderita asma akan diperparah ketika menghirup asap lilin. Pasalnya, asap lilin bisa membuat penderita asma iritasi paru-paru.

2. Sakit kepala
Kerap menghirup asap lilin juga bisa menyebabkan sakit kepala. Hal ini disebabkan oleh bahan kimia berbahaya yang terdapat dalam lilin, yaitu benzena dan toluena.

3. Tumor ginjal
Para ahli kesehatan mengungkapkan, harus menjauhi asap lilin saat menggunakannya di dalam rumah. Pasalnya, asap lilin parafin juga dapat menyebabkan risiko tumor ginjal.

4. Reaksi alergi
Meski beraroma wangi dan menenangkan, ternyata lilin aroma terapi memicu berbagai masalah kesehatan. Salah satunya menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dan meningkatkan sekresi pernapasan. Dengan begitu, Anda akan mudah mengalami alergi.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0746 seconds (0.1#10.140)