Sianida Halangi Sel Tubuh Gunakan Oksigen

Selasa, 12 Januari 2016 - 17:12 WIB
Sianida Halangi Sel Tubuh Gunakan Oksigen
Sianida Halangi Sel Tubuh Gunakan Oksigen
A A A
JAKARTA - Zat sianida yang diduga terdapat dalam kopi yang diminum Wayan Mirna Salimin sebelum meninggal, diketahui sangat berbahaya. Pasalnya, zat tersebut bisa menyebabkan kematian dalam hitungan menit.

"Sianida adalah zat beracun yang sangat mematikan," papar Regional Coordinator WHO South East Asia Regional Office, Prof dr Tjandra Yoga Aditama SpP(K), DTM&H, MARS, DTCE melalui keterangan resmi yang diterima Sindonews.

Tjandra menjelaskan, sianida sangat mudah untuk masuk ke dalam saluran pencernaan dan dalam dosis besar bisa sangat fatal akibatnya. Setelah terpapar, sianida akan langsung masuk ke dalam pembuluh darah.

"Jika sianida yang masuk dalam jumlah kecil, maka sianida akan diubah menjadi tiosianat yang lebih aman dan diekskresikan dari tubuh," ujar Tjandra.

Zat yang sudah digunakan selama ribuan tahun yang lalu ini, akan mengikat bagian aktif dari enzim sitokrom oksidase sehingga memicu terhentinya metabolisme sel secara aerobic serta gangguan respirasi seluler. Hal inilah yang mengakibatkan timbulnya kematian.

"Sebagai akibatnya hanya dalam waktu beberapa menit akan mengganggu transmisi neuronal," kata dia.

Sianida ketika terpapar dalam tubuh akan menghalangi sel tubuh menggunakan oksigen. Ketika itu terjadi, maka sel akan mati. Zat ini lebih berbahaya di jantung dan otak ketimbang organ lainnya karena keduanya menggunakan banyak oksigen.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6616 seconds (0.1#10.140)
pixels