Ini Penyebab dan Ciri-ciri Perut Kembung

Rabu, 13 Januari 2016 - 09:30 WIB
Ini Penyebab dan Ciri-ciri...
Ini Penyebab dan Ciri-ciri Perut Kembung
A A A
JAKARTA - Perut kembung bisa menyerang siapa saja dan terasa tidak nyaman. Keadaan ini umumnya bisa disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari makan yang terlalu cepat hingga minum minuman yang bersoda.

Peneliti dari Denmark menjelaskan, perut kembung digambarkan dengan bentuk perut yang mengembang seperti ban cadangan dan atas kue muffin. Selain itu, kulit juga akan terasa sulit disentuh.

Bahkan, perut juga bisa terus membesar. Dilansir dari Daily Mail, gas dalam perut yang dihasilkan bakteri yang memakan sisa makanan di usus, menjadi salah satu penyebab perut kembung.

Jika bakteri dalam usus tidak bisa memecah sisa makanan, maka fermentasi sisa makanan akan membentuk dan menyebabkan banyak angin hingga keluar.

Ahli bedah obesitas, dari Rumah Sakit Royal Salford, Profesor Basil Ammori menjelaskan, sembelit, makan terlalu banyak dan cepat juga memicu perut kembung. Selanjutnya, gas dan sembelit destensi kolon akan mendorong keluar otot-otot dinding perut.

"Terlalu banyak makanan di perut bisa memberikan perasaan kembung dan kemudian gas yang berlebihan menyebabkan kembung lebih parah dan distensi. Menelan terlalu banyak udara, seperti saat mengunyah permen karet atau minum melalui sedotan, juga dapat menyebabkan kembung," tandasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0986 seconds (0.1#10.140)