5 Cara Hindari Nyeri Sendi Saat Musim Hujan

Rabu, 03 Februari 2016 - 12:25 WIB
5 Cara Hindari Nyeri Sendi Saat Musim Hujan
5 Cara Hindari Nyeri Sendi Saat Musim Hujan
A A A
LOS ANGELES - Pada bulan ini, Musim dingin dan hujan akan melanda beberapa bagian di negara. Oleh karenanya menjaga kesehatan tubuh sangat penting agar tidak terserang penyakit saat pergantian cuaca. Salah satunya yang sering terjadi pada musim hujan maupun dingin adalah penyakit nyeri sendi.

Ketua Pendiri Primary Care Rheumatology Society dr John Dickson, mengatakan bahwa nyeri sendi memang terjadi disebabkan oleh cuaca yang tidak mendukung. Apalagi, saat musim hujan dan dingin menyebabkan ruangan menjadi lembab dan bisa menimbulkan nyeri sendi seperti pegal-pegal dan otot menjadi kaku.

"Ketika itu lembab atau dingin, dan cuaca yang semakin buruk, kita benar-benar bisa merasakannya di sendi kita," ujar John.

Mengutip Times Of India, berikut adalah cara yang bisa dilakukan agar terhindar dari nyeri sendi.

1. Perhatikan berat badan
Kelebihan berat badan khususnya di bagian atas dapat membuat sendi menjadi terbebani. kelebihan berat badan membuat fungsi kerja sendi menjadi belebihan. Oleh karenanya, olahraga teratur adalah cara yang baik untuk mengurangi dan mencegah nyeri. Seperti jalan pagi dan berenang membantu memperkuat inti dan melenggangkan sendi di bagian punggung. Tidak hanya jalan pagi dan berenang, yoga bisa meningkatkan fleksibilitas pada sendi.

2. Atur dan kelola stres agar tak Bberlebihan
Stres menyebabkan ketegangan otot yang dapat membuat rasa sakit lebih buruk. Namun, hal itu bisa diatas dengan mengonsumsi makanan bergizi yang sehat, berolahraga secara teratur dan mendapatkan tidur malam yang baik.

3. Usahakan duduk tegak
Postur yang baik membantu meringankan rasa sakit dan nyeri. Apalagi ketika duduk di meja, pastikan punggung dan kaki seimbang.

4. Terapkan pola makanan seimbang
Kekurangan beberapa vitamin dan mineral bisa memengaruhi kesehatan tulang dan sendi. Misalnya kekurangan kalsium dapat menyebabkan osteoporosis. Oleh karenanya atur konsumsi makana dengan 4 sehat 5 sempurna seperti susu, brokoli dan almond, atau mempertimbangkan supplement. Dan juga menambahkan Vitamin D dalam membantu penyerapan kalsium dalam tubuh.

5. Beli kursi pijat
Apa salahnya membeli bangku pijat di rumah. Sebab bisa merilekskan otot-otot maupun sendi dengan mudah. Terlebih bisa mengurangi rasa pegal-pegal saat bekerja.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5758 seconds (0.1#10.140)
pixels