Hati-Hati Bersihkan Telinga dengan Cotton Buds

Senin, 07 Maret 2016 - 11:30 WIB
Hati-Hati Bersihkan Telinga dengan Cotton Buds
Hati-Hati Bersihkan Telinga dengan Cotton Buds
A A A
JAKARTA - Untuk membersihkan telinga, sejumlah orang kerap menggunakan cutton bud atau korek kuping. Alat ini dipercaya bisa mengangkat semua kotoran yang terdapat dalam telinga.

Sayangnya, ada risiko buruk jika menggunakan korek kuping. Apalagi jika Anda memasukkan korek kuping terlalu dalam. Pasalnya, terdapat kelenjar yang menghasilkan zat seperti lilin atau serumen dan biasa disebut dengan kotoran telinga.

Para dokter mengatakan, membersihkan telinga dengan korek kuping bisa menimbulkan masalah pendengaran. Hal ini disebabkan bagian ujung cutton bud yang berupa kapas bisa mendorong lilin hingga ke gendang telinga.

Akibatnya, lilin yang terdorong terlalu dalam akan merusak telinga dan gedang telinga. Gendang telinga pun tidak bergetar dengan baik dan memicu masalah pendengaran.

Para ahli dari Oxford University Hospitals menjelaskan, manusia tidak perlu membersihkan telinga menggunakan alat. Sebab, telinga bisa membersihkan diri secara alami.

"Jika Anda menggunakan cotton buds atau apa pun untuk membersihkan telinga, Anda dapat mengganggu sistem pembersih alami telinga," papar para ahli tersebut yang dilansir dari Mirror.

Namun, jika terdapat kotoran berlebihan, mereka menyarankan utnuk membersihkan telinga dengan bantuan para ahli, seperti dokter spesialis telinga, hidung dan tenggorokan (THT). Sementara, telinga bagian luar, bisa dibersihkan dengan air bersih.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6979 seconds (0.1#10.140)