Ibu Perokok Berisiko Lahirkan Anak Berbibir Sumbing

Selasa, 05 April 2016 - 13:48 WIB
Ibu Perokok Berisiko Lahirkan Anak Berbibir Sumbing
Ibu Perokok Berisiko Lahirkan Anak Berbibir Sumbing
A A A
JAKARTA - Peneliti kembali menemukan bahaya merokok pada ibu hamil. Berdasarkan penelitian terbaru, merokok saat hamil menyebabkan berbagai masalah pada janin. Seperti lahir dengan berat badan rendah, peningkatan risiko asma dan bibir sumbing.

Dilansir dari Live Science, penelitian ini melibatkan 7.000 bayi baru lahir dan ibu dari seluruh dunia. Untuk mendapatkan informasi kebiasaan merokok, peneliti menggunakan kuesioner dan mengumpulkan sampel darah tali pusat bayi baru lahir.

Hasil dari penelitian ini ditemukan bayi yang lahir dari ibu perokok mengalami perubahan epigenetik atau perubahan fenotipe atau ekspresi genetika. Keadaan ini disebabkan oleh mekanisme selain perubahan sekuens DNA dasar. Selain itu, ada perbedaan DNA di 6.000 titik dibandingkan bayi yang lahir bukan dari ibu perokok.

Perubahan epigenetik ini pun memicu risiko anak lahir dengan bibir sumbing dan asma. Peneliti dari National Institute of Environmental Health Sciences, Stephanie London menjelaskan, meski janin tidak menghisap asap rokok, namun beberapa partikel masuk ke dalam plasenta. Meski demikian, peneliti mengungkapkan, masih memerlukan studi lanjutan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0674 seconds (0.1#10.140)