Terlalu Lama Tidur Siang Picu Banyak Masalah Kesehatan

Jum'at, 15 April 2016 - 13:45 WIB
Terlalu Lama Tidur Siang Picu Banyak Masalah Kesehatan
Terlalu Lama Tidur Siang Picu Banyak Masalah Kesehatan
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa tidur siang terlalu lama memicu berbagai masalah kesehatan. Salah satunya berakibat buruk bagi jantung.

Menurut sejumlah peneliti, tidur siang terlalu lama dan rasa mengantuk berlebihan pada siang hari berkaitan dengan peningkatan risiko kumpulan masalah yang disebut dengan sindrom metabolik.

Dilansir dari WEBMB, sindrom metabolik memiliki gejala tekanan darah yang tinggi, kadar kolesterol tinggi, kadar gula darah tinggi, serta lemak berlebihan di sekitar pinggang. Biasanya, penderita gangguan sindrom metabolik lebih berisiko mengalami penyakit jantung dan diabetes.

Berdasarkan hasil 21 penelitian yang melibatkan 307.000 orang, ditemukan, mereka yang tidur siang kurang dari 40 menit tidak mengalami peningkatan risiko sindrom metabolik. Sementara, mereka yang tidur siang lebih dari 40 — 90 menit, berisiko mengalami sindrom metabolik naik sampai 50%.

Biasanya, tidur siang yang berlebihan atau panjang disebabkan oleh rasa kantuk yang berlebihan dan rasa lelah di siang hari. "Tidur sangat penting dalam gaya hidup sehat. Tidur siang yang singkat akan bermanfaat positif bagi kesehatan," papar ahli diabetes dari Universitas Tokyo, Dr Tomohide Yamada.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6133 seconds (0.1#10.140)