Ini Gejala dan Penyebab Wasir yang Wajib Diketahui

Kamis, 12 Mei 2016 - 18:30 WIB
Ini Gejala dan Penyebab Wasir yang Wajib Diketahui
Ini Gejala dan Penyebab Wasir yang Wajib Diketahui
A A A
JAKARTA - Wasir bisa menyerang siapa saja. Dalam bahasa medis, wasir disebut juga dengan Haemorrhoids. Umumnya, penyakit ini menyerang mereka yang berusia sekitar 50 tahun.

Dilansir dari Boldsky, para ahli menjelaskan, bahwa wasir terjadi karena adanya pembengkakan pembuluh darah pada anus dan dubur. Biasanya, kondisi ini disebabkan oleh beberapa hal. Salah satunya keturunan.

Namun, ada juga faktor pencetus lainnya yang bisa memicu terjadinya wasir. Mulai dari masalah konstipasi, sering mengangkat beban berat, serta kurang serat saat menjalankan program diet.

Para ahli pun mengklaim, alergi makanan, kecerobohan aktivitas fisik juga bisa menyebabkan wasir. Sama seperti penyebab, wasir juga memiliki berbagai macam gejala.

Namun, umumnya penderita wasir mengalami pembekuan darah atau benjolan di sekitar anus, pendarahan saat buang air besar, iritasi di area anus, hingga dorongan untuk buang air besar baik sedang duduk atau berdiri.

Sebaiknya, gejala tersebut tidak diabaikan. Para ahli pun menyarankan agar segera pergi berkonsultasi pada dokter. Pasalnya, wasir yang dibiarkan bisa menyebabkan penyakit lainnya. Seperti kehilangan darah kronis, kematian jaringan, hingga kanker usus besar.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5976 seconds (0.1#10.140)