10 Tempat Wisata yang Layak Anda Singgahi di Madiun

Senin, 11 Juli 2016 - 05:30 WIB
10 Tempat Wisata yang Layak Anda Singgahi di Madiun
10 Tempat Wisata yang Layak Anda Singgahi di Madiun
A A A
JAKARTA - Apa top of mind Anda begitu mendengar kata-kata Madiun? Nomor satu pasti Pecel Madiun, pecel yang paling popular di tanah air, meskipun ada banyak tempat dan kota di tanah air ini yang warung nasi pecelnya lebih tersohor.

“Kuliner Madiun yang paling meng-Indonesia. Tapi kalau Anda berliburan Lebaran di Madiun, ada banyak destinasi yang bisa Anda kunjungi di sana,” ujar Menpar Arief Yahya.

Berikut ini 10 top destinasi yang bisa dijadikan tempat untuk menghabiskan waktu liburan bersama keluarga. Selamat berlibur, selamat merayakan Hari Raya Idul Fitri 2016, Salam #PesonaIndonesia #PesonaLebaranMadiun #PesonaLebaranJatim #PesonaKulinerIndonesia.

1. Monumen Kresek
Monumen Kresek yang didirikan untuk mengenang tragedi berdarah politik tahun 1948. Orang-orang sering menyebut dengan Peristiwa Madiun, yang kemudian dibuat dalam diorama dan relief-relief. Lokasinya, hanya berjarak 8 kilometer menuju arah timur dari Kota Madiun. Tragedi Madiun sendiri tercatat sebagai salah satu sejarah kelam bangsa Indonesia. Peristiwa ini menelan banyak korban di Desa Kresek mulai dari anggota TNI, Pamong Desa, hingga warga biasa.

2. Makam & Masjid Kuno Taman

Makam dan Masjid Kuno Taman adalah peninggalan sejarah yang berada di Kelurahan Taman, Madiun. Nama lain dari masjid ini adalah Masjid Donopuro atau Masjid Besar Kuno Madiun. Masjid ini dibangun oleh Kiai Ageng Misbach atau Kiai Donopuro tahun 1754. Masjid yang semula bernama Masjid Donopuro ini didirikan di tanah perdikan (daerah bebas pajak) Kerajaan Mataram. Setelah masjid kuno yang dikelilingi makam para mantan bupati Madiun ini masuk dalam daftar peninggalan cagar budaya tahun 1981, maka namanya pun diganti menjadi Masjid Besar Kuno Madiun.

3. Situs Bersejarah Nglambangan
Situs Bersejarah Nglambangan merupakan situs peninggalan bersejarah yang berlokasi di desa Nglambangan, kecamatan Wungu, tepatnya berjarak delapan kilometer ke arah timur dari kota Madiun. Di sini terdapat sejumlah peninggalan yang dipercaya sudah ada sejak jaman Majapahit.

Ada sejumlah bangunan dan artefak yang masih terjaga sampai sekarang, sepertiPura Lambangsari, Watu Dakon yang biasa digunakan untuk menyimpan pusaka, punden, lumbung, sumur kuno, serta Sendang Jambangan.

4. Sun City Water and Theme Park
Sun City Water and Theme Park adalah salah satu tempat wisata di Madiun yang kerap ramai dikunjungi pada musim liburan. Di sini terdapat berbagai wahana air yang bisa Anda nikmati bersama keluarga. Tidak hanya wahana air, di Sun City Water and Theme Park juga terdapat sejumlah wahana permainan yang sangat cocok untuk menemani waktu liburan Anda bersama si kecil.

5. Dumilah Water Park
Dumilah Waterpark merupakan salah satu wahana permainan air yang berada di jantung Kota Madiun. Bisa dibilang ini adalah salah satu destinasi wisata utama para warga Madiun. Tidak hanya menyediakan kolam renag dan wahana air, di sini juga terdapat sejumlah kolam pancing yang siap untuk menghapus dahaga para mancing mania.

6. Waduk Bening Widas
Selain dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik dari aliran Sungai Brantas, waduk ini juga dijadikan sebagai salah satu objek wisata andalan Kabupaten Madiun. Selain menikmati pemandangan permukaan waduk yang dikelilingi hutan, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti memancing, bermain banana boat, sampai keliling waduk naik perahu.

7. Air Terjun Seweru
Air Terjun Seweru yang terletak di Dusun Seweru, Desa Kare, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun, ini tentu pantang Anda lewatkan. Untuk sampai ke tempat ini dibutuhkan perjuangan yang cukup keras, namun semua usaha Anda akan terbayar lunas oleh keindahan yang dimiliki Air Terjun Seweru.

8. Air Terjun Krecekan Denu
Air Terjun Krecekan Ndenu berada di Dusun Gilingan, Desa Kepel, Kecamatan Kare, Kabupaten Madiun. Untuk menuju kelokasi air terjun ini, Anda dimudahkan dengan jalan yang sudah beraspal. Meskipun debit airnya tidak begitu deras namun air terjun setinggi kurang lebih 20 meter ini memiliki keindahan yang tak boleh Anda lewatkan.

9. Air Terjun Banyuwale
Air terjun yang berada tepat di balik lereng Pegunungan Wilis ini menawarkan suasana sejuk khas pegunungan yang bakal membuat Anda rileks sejadi-jadinya. Meski demikian, di sekitar pintu masuk sudah terdapat banyak warung yang menjajakan makanan, jadi Anda tidak perlu repot-repot untuk membawa perbekalan.

10. Wana Wisata Grape
Lima belas kilometer dari Kota Madiun, atau tepatnya di Desa Kresek, Kecamatan Wungu, Kabupaten Madiun, ada tempat wisata yang akan membawa Anda pada nuansa hutan asri yang berpadu dengan panorama persawahan dan perbukitan.

Kalau Anda butuh tempat untuk melarikan diri sejenak dari sumpeknya rutinitas, maka Wana Wisata Grape adalah tempat yang tepat untuk Anda. Banyak hal yang bisa Anda lakukan di sini, mulai dari bersepeda, hiking, main di sungai sampai berkemah.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6123 seconds (0.1#10.140)