Pokemon GO Baik untuk Kesehatan Mental

Jum'at, 15 Juli 2016 - 04:08 WIB
Pokemon GO Baik untuk Kesehatan Mental
Pokemon GO Baik untuk Kesehatan Mental
A A A
JAKARTA - Game Pokemon Go tidak saja menghibur. Belakangan diketahui permainan ini mengurangi obesitas dan yang terbaru, baik untuk kesehatan mental.

"Kebutuhan untuk bersosialisasi dengan orang lain, hasrat untuk keluar dan keinginan untuk menjadi kompeten serta menjadi ahli, semuanya ada dalam tujuan permainan ini," kata Direktur dari Pusat Penelitian Psikologi Media di California, Pamela Rutledge yang dilansir Live Science.

Dijelaskannya, karena semua kebutuhan ada di permainan Pokemon Go ini, termasuk bersosialisasi dengan orang lain, maka secara psikologis, ikatan sosial ini bagus untuk kesehatan mental.

Sejak rilis pada 6 Juli 2016 permainan Pokemon GO telah sukses diunduh lebih dari tujuh juta kali di Amerika Serikat. Namun, permainan ini juga dinilai memberikan efek bahaya. Pasalnya, untuk menangkap Pokemon, pengguna harus tetap bergerak di dunia nyata dan tetap menatap layar ponsel.

Permainan Pokemon GO dioperasikan menggunakan kamera. Untuk menangkap pokemon, pengguna harus benar-benar bergerak.

Efek lainnya, permainan ini juga bisa menghilangkan konsentrasi pengguna karena hanya fokus pada lensa kamera. Seperti yang diberitakan New York Post, pengguna Pokemon GO Kyrie Tompkins terjatuh di trotoar hingga pergelangan kakinya terkilir.

"Ponsel ini bergetar untuk memberitahu saya ada sesuatu di dekatnya dan saya melihat ke atas, sehingga saya jatuh dalam lubang," kata Tompkins.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6810 seconds (0.1#10.140)