Jangan Salah, Cacingan Pun Bisa Menyerang Orang Dewasa

Minggu, 17 Juli 2016 - 08:39 WIB
Jangan Salah, Cacingan Pun Bisa Menyerang Orang Dewasa
Jangan Salah, Cacingan Pun Bisa Menyerang Orang Dewasa
A A A
JAKARTA - Penyakit cacingan ternyata tidak hanya berbahaya bagi anak-anak saja, juga orang dewasa. Ada beberapa yang membuat orang dewasa mudah terkena penyakit ini. Apa itu?

Brand Manager Combantrin Fika Yolanda menjelaskan cacingan pada orang dewasa biasanya terjadi karena mengonsumsi makanan mentah yang tidak dimasak. Meski tidak separah pada anak-anak, tetapi cacingan pada orang dewasa yang jika tidak segera disembuhkan dapat menjalar ke otak dan paru-paru.

“Misalnya lalapan. Lalapan itu kan nggak dimasak dan biasanya berasal dari tanah langsung. Nah kalau mencucinya enggak bersih, itu ada telor cacing. Jadi begitu di makan mentah langsung bisa terinfeksi cacingan,” jelas Fika kepada Sindonews belum lama ini.

Ada beberapa tanda ketika orang dewasa terkena cacingan ini. Biasanya tubuh terasa lemas, tidak nafsu makan. “Kalau sudah parah ya perut buncit, terus nggak bisa konsentrasi. Tapi bisa juga migrasi ke otak dan paru-paru,” terang dia.

Lalu apa solusinya? Untuk menghindari dan menanggulangi penyakit berbahaya ini, selain meminum obat cacing, baik anak maupun orang dewasa wajib menjaga kebersihan dengan rajin, seperti mencuci tangan dan menjaga diri untuk berada di tempat yang tidak tercemar. Selain itu harus memiliki sanitasi yang baik.

“Kebersihan lingkungan juga. Jadi kalau bisa, kita jangan buang air sembarangan. Harus di tempat yang sanitasinya baik,” pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6814 seconds (0.1#10.140)