Serunya Memandikan Gajah di CRU Tangkahan Taman Nasional Gunung Leuser

Senin, 18 Juli 2016 - 19:57 WIB
Serunya Memandikan Gajah di CRU Tangkahan Taman Nasional Gunung Leuser
Serunya Memandikan Gajah di CRU Tangkahan Taman Nasional Gunung Leuser
A A A
MEDAN - Berwisata ke kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL) di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, tidak lengkap rasanya jika tidak melihat dan bermain dengan gajah-gajah yang dipelihara di Conservation Response Unit atau CRU Tangkahan. Selain menunggang dan memberi makan gajah, yang paling asyik adalah saat ikut memandikan gajah.

Para turis mancanegara maupun lokal ini begitu asyik memandikan gajah-gajah yang dipelihara di CRU Tangkahan. Riuh rendah suara mereka pun terdengar saat sedang memandikan para mamalia darat itu.

Sambil ditemani para pemandu gajah, 7 ekor gajah dewasa, dan tiga bayi gajah ini dimandikan oleh para turis secara beramai-ramai. Asyiknya, saat dimandikan para gajah terlihat manja dan merebahkan diri untuk dibersihkan bagian badannya. Jika ada gajah yang enggan mandi, maka para pawang akan merayunya dengan dengan cara diberi makan terlebih dahulu.

Wisata memandikan gajah yang dilakukan setiap pagi maupun sore hari, selalu menjadi kegiatan yang ditunggu para wisatawan. Wisata gajah ini, diakui oleh salah seorang staf CRU Tangkahan sangat diminati oleh pengunjung. Diprediksi, meski musim liburan sekolah anak-anak sudah selesai, wisata gajah ini masih akan ramai hingga September mendatang.

Saat ini, ada 10 ekor gajah di CRU Tangkahan yang terdiri atas 7 ekor gajah dewasa, dan 3 ekor bayi gajah. Selain memandikan gajah, aktivitas yang juga digemari wisatawan adalah memberi makan dan menjelajah hutan di kawasan ekowisata TNGL dengan menunggang gajah.

Lokasi wisata tangkahan, merupakan salah satu lokasi wisata tersembunyi di Kabupaten Langkat, yang mulai dilirik para wisatawan. Menuju lokasi ini memakan waktu sekitar 4—5 jam dari Kota Medan.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5223 seconds (0.1#10.140)