Mengenal Polisitemia Vera, Penyakit yang Diderita Ustaz Zacky Mirza

Selasa, 19 Juli 2016 - 20:18 WIB
Mengenal Polisitemia Vera, Penyakit yang Diderita Ustaz Zacky Mirza
Mengenal Polisitemia Vera, Penyakit yang Diderita Ustaz Zacky Mirza
A A A
JAKARTA - Kabar mengejutkan datang dari ustaz Zacky Mirza. Setelah mengeluh sakit kepala dan pinggang, penceramah kondang ini dilarikan ke Rumah Sakit Cempaka Putih. Hasil pemeriksaan menunjukkan, dia menderita penyakit polisitemia vera.

Dilansir Mayo Clinic, polisitemia vera disebabkan oleh mutasi sel sum-sum tulang (protein JAK2 V617F) yang memicu produksi sel darah merah berlebih. Mutasi ini terjadi setelah seseorang dilahirkan, bukan diturunkan. Penyakit ini pun bisa menyerang siapa saja.

Para peneliti menilai polisitemia vera bisa memicu risiko penyakit ganas pada penderita. Sementara untuk gejalanya, ditandai dengan kulit gatal, sakit kepala, pusing, tubuh lemah, keringat berlebih, nyeri, pembengkakan sendi, sesak napas, pandangan kabur, kesulitan bicara, dan hilangnya kesadaran.

Tak hanya itu, penyakit ini juga bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan lain, seperti komplikasi pengentalan dan penggumpalan darah, pembersaran limpa, kulit gatal, peradangan sendi hingga kanker darah.

Seperti diberitakan, saat stres melanda, ustaz Zacky Mirza mengaku kerap merasakan sakit kepala. Rupanya hal ini dipicu penggumpalan darah akibat polisitemia vera. Sampai saat ini kondisinya masih lemah dan membutuhkan perawatan lebih lanjut.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5792 seconds (0.1#10.140)