Ini Bahaya Dibalik Rokok Elektronik

Rabu, 20 Juli 2016 - 09:25 WIB
Ini Bahaya Dibalik Rokok Elektronik
Ini Bahaya Dibalik Rokok Elektronik
A A A
JAKARTA - Rokok elektronik dipercaya lebih sehat dibandingkan rokok tembakau dan rokok filter. Bahkan sejumlah orang menjadikan rokok elektronik sebagai alternatif. Sayangnya, hal tersebut tidak tepat. Pasalnya, rokok elektronik juga memiliki efek negatif bagi kesehatan.

Dilansir dari WEBMD, penelitian pada sel kultur di laboratorium, diketahui kandungan toksik dan partikel nano dalam rokok elektronik menyebabkan 85% sel yang diteliti mati. Hal ini disebabkan oleh kandungan dalam rokok elektronik yang membunuh lapisan atas sel kulit di rongga oral, atau bagian antara gigi dan gusi.

Para peneliti dari Universitas California, Los Angeles juga akan melanjutkan penelitian ini pada manusia. Jika hasilnya konsisten, artinya rokok elektronik bisa meningkatkan penyakit mulut. Meski rokok jenis ini tidak mengandung nikotin namun penelitian menemukan adanya zat-zat lain yang bersifat racun.

Zat yang bersifat karsinogen dalam rokok elektronik, yaitu formaldehida. Selain itu ada juga zat berbahaya seperti diacetyl, penyedap yang dikaitkan dengan penyakit paru-paru.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4650 seconds (0.1#10.140)