Ini Tanda Serangan Jantung saat Tidur

Senin, 01 Agustus 2016 - 23:02 WIB
Ini Tanda Serangan Jantung saat Tidur
Ini Tanda Serangan Jantung saat Tidur
A A A
JAKARTA - Serangan jantung bisa terjadi saat tertidur pulas. Umumnya, kondisi ini disebabkan oleh mendengkur dan sleep apnea atau berhenti bernapas saat tidur. Para peneliti menilai, kondisi ini memiliki beberapa tanda.

Ada baiknya Anda pun mengenal tanda penyakit yang tidak saja menyerang orang dewasa, juga anak muda dan remaja. Berikut tanda-tanda serangan jantung saat tidur, seperti dilansir Livestrong.

1. Detak jantung cepat dan tidak teratur
Wasapadalah jika bangun dengan detak jantung yang cepat dan tidak teratur. Pasalnya, hal itu menjadi salah satu tanda serangan jantung atau jantung koroner. Jika hal ini terjadi pada Anda lebih dari lima menit, dianjurkan untuk mengunyah aspirin atau mencari pertolongan darurat.

2. Gangguan tidur
Gangguan tidur dipercaya sebagai salah satu tanda gejala serangan jantung atau myocardial infraction. Penderita akan mengalami gelisah, bolak-balik, dan tidak bisa tidur selama satu bulan sebelum serangan jantung pertama. Sementara gejala pada wanita akan disertai dengan kelelahan di siang hari.

3. Berkeringat malam
Serangan jantung juga bisa ditandai dengan terbangun dengan keringat dingin di malam hari. Berkeringat selama tidur tidak selalu menunjukkan masalah, namun keringat berlebihan mengharuskan Anda mengganti pakaian atau sprei. Anda pun harus mewaspadainya.

4. Sakit di dada
Sakit di dada bukanlah gejala umum serangan jantung. Sesak napas, sakit di dada yang menyiksa bisa terjadi saat tidur atau bangun. Sayangnya, nyeri di dada ringan sebagai gejala yang berbahaya dan kerap diabaikan.

5. Sakit di badan
Banyak pasien serangan jantung mengaku merasakan sakit di lengan, leher, perut, dan punggung. National Heart Lung and Blood Institute menjelaskan gejala ini akan muncul dan hilang. Selain itu penderita juga akan mengalami nyeri kecil yang mengganggu.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6214 seconds (0.1#10.140)
pixels