Prambanan Jazz 2016 Tampilkan Boyz II Men dan Rick Price

Selasa, 02 Agustus 2016 - 15:30 WIB
Prambanan Jazz 2016 Tampilkan Boyz II Men dan Rick Price
Prambanan Jazz 2016 Tampilkan Boyz II Men dan Rick Price
A A A
YOGYAKARTA - Kombinasi destinasi Pariwisata digabungkan dengan indahnya alunan musik akan tersaji lagi di Tanah Air. Sebuah festival musik bertaraf internasional siap mengalun asyik di Kota Gudeg Yogyakarta pada 20—21 Agustus 2016 dengan tajuk Prambanan Jazz 2016.

“Anda sudah punya tiketnya? Buruan ada Boyz II Men yang ngetop tahun 1988 dengan lagu-lagu R&B-nya,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya, di Jakarta.

Pesona Indonesia dalam jazz bisa dinikmati dari tepian Kali Opak, perbatasan Sleman-Yogya dan Klaten-Jateng itu. Di malam gelap, sorotan lighting dari bawah ke arah Candi Hindu tertinggi di dunia itu—Roro Joggrang—menjadi hiburan tersendiri.

“Jadi beli satu tiket dapat dua! Satu menyaksikan pentas jazz, kedua melihat kemegahan candi Prambanan di malam hari,” ujar mantan Dirut PT Telkom itu.

Seperti namanya, gelaran ini mengambil lokasi di komplek candi yang merupakan mahakarya Hindu abad ke-9. Kemegahan Candi Prambanan ini telah dikenal publik secara luas sebagai peninggalan sejarah sekaligus obyek wisata.

“Ini pagelaran yang mengedepankan sebuah inisiasi pertunjukkan yang berupaya memadukan musik dengan unsur budaya yang kental,” kata Kepala Dinas Pariwisata Jawa Tengah Prasetyo Ariwibowo.

Menurut Prasetyo, Prambanan Jazz International Music Festival adalah perhelatan musik tahunan berskala internasional yang digelar di pelataran Candi Prambanan Yogyakarta. Prambanan Jazz mengusung eksotisme kemegahan karya seni Candi Prambanan yang merupakan salah satu mahakarya Indonesia yang telah diakui dunia.

“Eksotisme kemegahan Candi Prambanan ini akan dipadu dengan sebuah karya musik berkelas dunia dengan harapan perpaduan ini akan menjadi sebuah jembatan diplomasi budaya kita dalam mencapai dan mewujudkan industri kebudayaaan kita menjadi salah satu kekuatan baru dalam memperkuat branding nasional,” tutur Prasetyo.

Menurut Anas Syahrul Alimi, CEO Rajawali Indonesia Communication yang menangani event tersebut, pihaknya berjanji selalu menghadirkan musisi dunia dan musisi-musisi terbaik dari negeri kita sendiri. Harapannya, event ini akan menjadi sebuah alternatif konser yang memiliki muatan budaya lokal dan global.

“Kami berharap akan terus tercapai sebuah sinergi jangka panjang dalam usaha memperkenalkan pariwisata di kancah dunia internasional,” ujar Anas dalam release resminya.

Kali ini, masih kata Anas, Prambanan Jazz 2016 telah memasuki tahun kedua dan akan terus hadir setiap tahunnya. Prambanan Jazz tahun ini akan diselenggarakan selama dua hari, tepatnya tanggal 20—21 Agustus 2016. Terdapat dua venue yang akan digunakan, yaitu venue Brahma untuk special show dan venue Wisnu untuk festival show.

“Ini akan menjadi pekerjaan besar untuk membuat Festival Jazz di Yogya dalam 2 hari. Tapi kami semua akan melakukan yang terbaik demi memuaskan penikmat konser musik di Yogya dan sekitarnya,” ucap Anas.

Prambanan Jazz tahun ini akan memboyong kelompok vokal R&B asal Amerika, Boyz II Men. Kelompok yang kini beranggotakan Nathan Morris, Shawn Stockman dan Wannya Morris ini didapuk menjadi penampil utama dalam gelaran ini. Selain Boyz II Men, akan hadir juga penyanyi asal Australia, Rick Price.

Dari dalam negeri, beberapa nama tenar seperti Kahitna, Krakatau Reunion, Tulus, Mocca, Shaggy Dog, Trio Lestari (Glenn Fredly, Tompi, Sandhy Sondoro) juga akan turut memeriahkan perhelatan musik yang memasuki tahun keduanya ini. Bakkar Wibowo, Project Director acara ini mengatakan, kota Yogyakarta itu tempat yang istimewa di segala sudut dan sangat layak untuk diangkat ke mata dunia.

“Yogya itu sebuah kenangan dan kami ingin membangun bagian dari kenangan-kenangan itu menjadi sesuatu yang istimewa melalui sebuah pertunjukan musik ruang terbuka, di sebuah tempat yang begitu istimewa dengan penonton dan pertunjukan musik yang istimewa. Ini akan penuh sensasi,” papar dia.

Selain itu, imbuh Bakkar, dalam festival musik terbesar di Yogyakarta dan Jawa Tengah ini, akan ada expo dan food bazar dengan tempat yang sangat nyaman. Penonton bisa dengan santai menikmati sunset matahari dan keindahan candi Prambanan di sore hari sambil menikmati musik berkualitas dan menyantap kuliner-kuliner pilihan.

Tahun lalu pada Prambanan Jazz menampilkan musisi berkelas internasional Kenny G, saxophonist peraih Grammy yang tampil begitu memukau dihadapan ribuan penonton di pelataran Candi Prambanan. Selain artis-artis yang sudah konfirmasi akan hadir, masih banyak artis-artis negeri ini yang akan ikut juga meramaikan festival musik ini. “Masih dalam taraf diskusi dengan artis-artis lain, akan segera kami announce jika sudah sepakat, tunggu saja,” kata Bakkar.

Prambanan Jazz 2016 akan menyediakan tiket masuk area festival seharga Rp200.000 untuk satu hari festival, kemudian untuk tiket terusan selama 2 hari seharga Rp300.000. Lalu untuk tiket masuk pertunjukan khusus Special Show di hari pertama, untuk kelas Platinum seharga Rp1,5 juta, Gold Rp750.000 dan Silver Rp 400.000. Untuk hari ke-2 Spesial Show, harga tiket Platinum Rp800.000, Gold Rp500.000 dan Silver Rp250.000.

Panitia juga menyediakan tiket dengan kelas khusus (limited) yaitu tiket Diamond dengan cara pemesanan langsung (on call). Tiket nanti bisa didapatkan secara online di www.tiketapasaja.com atau bisa didapatkan di tiket box panitia di Sate Afrika Jl. Raya Tajem Maguwoharjo Yogyakarta.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5821 seconds (0.1#10.140)