Ulang Tahun, Saatnya untuk Memeriksakan Kesehatan Jantung

Selasa, 02 Agustus 2016 - 18:30 WIB
Ulang Tahun, Saatnya untuk Memeriksakan Kesehatan Jantung
Ulang Tahun, Saatnya untuk Memeriksakan Kesehatan Jantung
A A A
JAKARTA - Penderita penyakit jantung terus bertambah. Kini penyakit mematikan itu pun semakin banyak diderita oleh usia muda. Padahal, penyakit ini bisa dicegah dengan cara pemeriksaan jantung. Lalu kapan waktu yang tepat untuk memeriksakan jantung?

Pengurus pusat yayasan jantung Indonesia, Dr Dolly RD Kaunang, SpJP SpKP menjelaskan, idealnya seseorang memeriksakan jantung saat ulang tahun. "Check up setiap tahun. Jadikan hadiah ulang tahun dengan memastikan jantung benar-benar sehat," papar dr Dolly di Jakarta.

"Pokoknya sedia payung sebelum hujan. Jangan sampai jadi orang yang gemuk, berlemak, kolesterol tinggi, dan diabetes. Semua itu berisiko tinggi serangan jantung," ungkapnya.

Menurut dr Dolly, kualitas hidup seseorang bisa berpengaruh pada kesehatan. Khususnya mereka yang mengalami serangan jantung atau memiliki riwayat keluarga menderita penyakit ini. Selain itu, menjalankan pola hidup yang sehat juga bisa menjadi obat terbaik untuk mengatasi penyakit mematikan ini.

"Harus bisa mengendalikan makan dan tetap olahraga yang teratur dan terukur. Gaya hidup sehat sangat penting. Termasuk mengendalikan emosi dan ketegangan batin secara konsisten," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6952 seconds (0.1#10.140)