Mitos Atau Fakta Kucing Picu Toxoplasma?

Selasa, 09 Agustus 2016 - 08:15 WIB
Mitos Atau Fakta Kucing Picu Toxoplasma?
Mitos Atau Fakta Kucing Picu Toxoplasma?
A A A
JAKARTA - Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang digemari manusia. Sayangnya, hewan berbulu ini dinilai sebagai salah satu penyebab terjadinya penyakit toxoplasma. Namun, hal tersebut tidaklah tepat.

Drh. Angela Mahari menjelaskan, bahwa toxoplasma tidak disebabkan oleh kucing. Penyakit ini umumnya dipicu oleh kebiasaan mengonsumsi makanan mentah.

"Banyak yang bilang kucing bisa sebabin toxo. Tapi itu salah. Karena yang benar itu, toxo ada di semua bahan makanan mentah. Mau bentuknya kaya daging, susi atau lalapan. Nah, manusia sering makan lalapan tuh jadi bisa aja kena," papar Drh. Angela saat ditemui Sindonews di Pisa Kafe, Jakarta, Senin (8/8/2016).

Parahnya, penyakit ini tidak menunjukkan gejala pasti. Sementara, penularan toxoplasma melalui kucing ke manusia bermula dari kebiasaan hewan tersebut yang mengonsumsi makanan mentah.

"Awal mula kucing menularkan toxo ke manusia itu disebabkan karena kucing kebiasaan makan mentah. Diperparah dengan manajemen pemeliharan yang nggak baik. Dia pun, fasesnya nggak dibersihin dan kemana-mana terus kita pegang, kita elus, kita peluk, fases jadi nempel. Abis pegang kucing kita nggak cuci tangan, jadi tertelan sama kita," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7216 seconds (0.1#10.140)