Jauhi Unta untuk Hindari Penyakit Pernafasan

Minggu, 14 Agustus 2016 - 21:03 WIB
Jauhi Unta untuk Hindari Penyakit Pernafasan
Jauhi Unta untuk Hindari Penyakit Pernafasan
A A A
JAKARTA - Para jamaah haji diminta untuk menjauhi unta. Menteri Kesehatan Nila F Moeloek mengatakan hal tersebut dilakukan untuk menghindari risiko terkena penyakit Middle East Respiratory Corona Virus (Mers-CoV).

Seperti diketahui MERS-CoV merupakan penyakit sindrom pernapasan yang disebabkan oleh virus Corona yang menyerang saluran pernapasan, mulai ringan hingga berat. Penularan virus terjadi melalui air liur unta dan susu unta yang masih dalam keadaan mentah.

"Oleh karena itu diharapkan para jemaah haji dapat menjaga kesehatannya. Penularan MERS-CoV ini tidak dinginkan untuk terjadi. Kami meminta jemaah haji agar menjaga kebersihan," kata Nila melalui rilis yang diterima Sindonews.

Selain itu, untuk menjaga kesehatan para jamaah haji, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) telah mempersiapkan tenaga kesehatan dan balai pengobatan yang memadai. Sementara, untuk jamaah haji tengah alami sakit berat, Kemenkes telah bekerja sama dengan rumah sakit.

"Kerja sama dengan Arab Saudi sudah kita tingkatkan dengan menambahkan ambulan untuk melakukan transportasi bila terjadi sesuatu," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5286 seconds (0.1#10.140)