Bolehkah Renang saat menstruasi?

Minggu, 14 Agustus 2016 - 23:01 WIB
Bolehkah Renang saat menstruasi?
Bolehkah Renang saat menstruasi?
A A A
LONDON - Banyak wanita yang masih belum tahu, apakah renang saat menstruasi itu diperbolehkan atau tidak. Di antara mereka menganggap renang saat menstruasi dipercaya bisa menyebabkan berbagai macam masalah, mulai mengotori air kolam renang hingga iritasi.

Juru bicara Royal College of Obstetricians and Gynaecologists (RCOG) Janice Rymer mengatakan hal itu tidak tepat. Rymer menilai selama menstruasi wanita dipersilahkan untuk berenang. Hanya saja selama wanita harus menggunakan tampon atau menstrual cup, di mana kegiatan ini tidak menimbulkan efek samping. Bahkan, berenang saat menstruasi diklaim bisa mengurangi rasa kram.

"Yang tidak boleh itu ketika wanita tidak menggunakan apapun saat menstruasi. Jelas karena darah dapat menyebar di dalam air. Tapi selebihnya, berenang tidak akan membuat air kotor atau tidak aman," kata Rymer seperti dilansir Metro.

Dijelaskannya, menjaga kelembapan tampon merupakan kuncinya. Dengan begitu, darah menstruasi tidak kotor dan tidak beracun sehingga tidak berakibat meninggalnya nyawa seseorang saat terkena darah menstruasi.

Meski dibolehkan, namun Rymer menilai berenang saat menstruasi merupakan hal yang menjijikan. Jika Anda tetap harus berenang, Rymer menyarankan untuk mengonsumsi pil penunda menstruasi.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4212 seconds (0.1#10.140)