4 Manfaat Kesehatan Ngulet di Pagi Hari

Rabu, 24 Agustus 2016 - 06:15 WIB
4 Manfaat Kesehatan Ngulet di Pagi Hari
4 Manfaat Kesehatan Ngulet di Pagi Hari
A A A
JAKARTA - Secara tak sadar, saat bangun tidur seseorang akan melakukan kegiatan ngulet. Biasanya, kegiatan ini dilakukan dengan cara meregangkan tangan dan kaki hingga tubuh terasa lebih rileks. Namun, tak hanya membuat tubuh menjadi lebih rilkes, ngulet juga dipercaya menyimpan manfaat lainnya. Apa saja itu?

Berikut manfaat ngulet saat bangun tidur untuk kesehatan yang dilansir dari Livestrong.

1. Membuat otot lebih fleksibel dalam menghadapi berbagai kegiatan sepanjang hari
Saat bangun tidur, otot akan terasa lebih kaku dan tegang. Untuk mengembalikan fleksibilitas dari otot tangan, kaki dan leher, secara tak sadar tubuh akan mengulet. Dengan demikian, otot akan lebih siap melakukan kegiatan sepanjang hari.

2. Membuat sendi lebih fleksibel
Mengulet atau peregangan akan membantu meningkatkan rentang gerak dari sendi. Selain itu, gerakan ini juga bisa mengurangi kekakuan yang disebabkan kurangnya aktivitas fisik dan kelebihan berat badan. Fleksibilitas sendi yang berkurang menyebabkan risiko artritis atau kurangnya keseimbangan akibat cedera.

3. Meningkatkan sirkulasi darah
Peregangan akan membantu meningkatkan sirkulasi darah. Saat melakukan peregangan, darah akan mulai bergerak lebih cepat ke otot sehingga menguatkan seseorang untuk bangun dari tempat tidur dan beraktivitas sepanjang hari.

4. Mengurangi stres
Stres atau banyaknya tekanan bisa memicu seseorang sulit bangun dari tempat tidur. Namun, hal ini bisa diatasi dengan melakukan peregangan selama beberapa menit di pagi hari. Hasilnya, ketegangan akan mereda.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7527 seconds (0.1#10.140)