Ini Cara Atasi Penyalahgunaan Bahaya Narkoba

Rabu, 31 Agustus 2016 - 21:24 WIB
Ini Cara Atasi Penyalahgunaan Bahaya Narkoba
Ini Cara Atasi Penyalahgunaan Bahaya Narkoba
A A A
JAKARTA - Penggunaan narkoba, seperti yang dialami Reza Artamevia, Gatot Brajamusti, dan Imam S Arifin bisa menyebabkan penyakit otak kronis. Bahkan bisa berujung pada kematian. Nah, salah satu menanggulangi masalah tersebut bisa dilakukan dengan cara Therapeutic Community (TC).

Dikutip Sekarmawar, TC merupakan metode dan lingkungan yang terstruktur untuk mengubah perilaku manusia dalam konteks kehidupan komunitas yang bertanggung jawab.

Dalam metode ini, TC akan bekerja dengan cara Self-help, Mutual-help. Nantinya, anggota komunitas (resident) akan bertanggung jawab untuk saling menolong satu sama lain dan menolong dirinya sendiri. Cara ini pun dipercaya bisa mengembalikan seorang pecandu pada kehidupan yang lebih baik.

Beragam kegiatan di komunitas pun memiliki peran penting, di mana bisa mendorong para pecandu untuk lebih mengenal diri sendiri, baik dari segi emosional, intelektual, spiritual, perilaku, dan ketrampilan.

TC juga bisa membantu para pecandu narkoba untuk menjadi pembelajaran melalui teguran dan aksi, pengertian, hingga saling membagikan pengalaman antar sesama residen.

Selain TC, detoksifikasi juga dipercaya bisa mengatasi narkoba. Detoksifikasi akan bekerja menghilangkan zat-zat terlarang tersebut dari tubuh dan mengatasi gejala-gejala putus obat.

Metode lainnya adalah Family Fupport Group (FSG) dan Family Association (FA), di mana metode ini melibatkan keluarga. Keterlibatan keluarga ini dimaksudkan untuk mendorong peran aktif orang disekeliling yang mencintainya dalam proses pemulihan penyalahgunaan narkoba.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8701 seconds (0.1#10.140)