Tips Menjaga Kesehatan bagi Jamaah Calon Haji

Minggu, 04 September 2016 - 22:30 WIB
Tips Menjaga Kesehatan bagi Jamaah Calon Haji
Tips Menjaga Kesehatan bagi Jamaah Calon Haji
A A A
JAKARTA - Cuaca panas dan aktivitas di udara terbuka bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan. Seperti yang terjadi di Tanah Suci bisa menjadi salah satu sumber utama masalah kesehatan para jamaah haji, mulai dari dehidrasi hingga stroke.

"Selain faktor cuaca, keadaan lain yang dapat memperburuk kesehatan para jemaah adalah kelelahan akibat perjalanan yang lama dan melelahkan. Ini juga bisa memicu kambuhnya penyakit bawaan," papar Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH, FACP, FINASIM, dari Divisi Gastroenterologi, Departemen Ilmu Penyakit Dalam, Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia.

Oleh karena itu, agar ibadah haji berjalan lancar dan bisa beribadah, berikut beberapa hal yang harus dilakukan oleh jamaah haji di Tanah Suci.

1. Banyak mengonsumsi air

Cuaca panas di Tanah Suci bisa menyebabkan jemaah haji mengalami dehidrasi hingga heat stroke. Oleh karena itu, Dr Ari pun menyarankan untuk banyak mengonsumsi air dan hindari konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan soda yang bisa menyebabkan dehidrasi.

"Oleh karena itu yang utama adalah tetap mempertahankan minum 3-4 liter. Makin sering terpapar udara panas jumlah cairan yang diminum juga harus ditingkatkan," sarannya.

2. Istirahat cukup

"Rasa bersyukur dan ingin segera melihat Masjid Nabawi serta ziarah ke makam Nabi Muhammad SAW kadang kala mengalahkan rasa lelah yang ada selama perjalanan dan sampai di penginapan. Oleh karena itu hal yang perlu dicermati oleh para jemaah dan para pimpinan kelompok adalah agar bagi para jemaah tersedia waktu istirahat yang cukup setelah sampai di penginapan," kata dia.

3. Makan cukup dan sehat

Perhatikan jadwal makan Anda. Hindari jajan di pinggir jalan dengan kualitas makanan yang tidak bersih. Sebaiknya konsumsi makanan dari katering penyelenggara dengan keterangan resmi kapan makanan boleh di makan dan tidak.

"Aktivitas ibadah termasuk pergi dan pulang dari penginapan dan ke mesjid akan menghabiskan energi kita. Oleh karena itu harus diimbangi makan yang cukup. Apabila asupan makan kita tidak baik tentunya secara umum hal ini juga akan mempengaruhi daya tahan tubuh kita," ujar dia.

4. Lakukan pemeriksaan

Segera laporkan ke petugas jika mengalami keluhan kesehatan. Jangan lupa rutin lakukan pemeriksaan secara rutin dan konsumsi obat-obatan agar terhindar dari kekambuhan.

"Hal ini penting agar gangguan kesehatan yang terjadi dapat segera diatasi dan tidak berlarut. Perlu diingat karena kontak satu jemaah dengan jemaah lain cukup dekat maka jika ada salah satu jemaah yang mengalami flu berupa batuk pilek akan mudah menularkan kepada yang lain," kata dia.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4993 seconds (0.1#10.140)