Obat Palsu Ancam Rusak Sistem Organ Tubuh

Sabtu, 10 September 2016 - 00:27 WIB
Obat Palsu Ancam Rusak Sistem Organ Tubuh
Obat Palsu Ancam Rusak Sistem Organ Tubuh
A A A
JAKARTA - Obat palsu yang beredar di masyarakat ternyata sangat berbahaya untuk kesehatan tubuh. Jika sering mengkonsumsi obat palsu, maka efek yang ditimbulkan adalah penyakit berbahaya yang tentunya berpengaruh pada kesehatan tubuh.

Ketua Dokter Indonesia Bersatu Agung Sapta mengatakan obat palsu yang mengandung banyak bahan kimia bisa merusak sistem organ tubuh serta menimbulkan komplikasi penyakit yang terjadi dalam tubuh.

"Semua organ bisa terkena, tergantung zat aktifnya. Bisa lambung dan usus tempat absorbasi, gangguan pada organ hati, empedu, ginjal, jantung, kelainan darah, gangguan hormonal, dan masih banyak kemungkinan lain," kata Agung saat dihubungi Sindonews, Jakarta, Jumat (9/9/2016)

Obat palsu juga memiliki bahan yang membuat seseorang berpenyakit toksik. Bahkan bisa menimbulkan overdosis jika terus dikonsumsi. "Tetapi kemungkinan ketika menggunakan bahan-bahan kimia atau obat yang memiliki efek tertentu, membuat pengguna merasakan ada manfaat mengkonsumsinya, tentu beresiko overdosis yang berpotensi toksik," tegasnya.

Bahan kimia yang mengendap dalam tubuh inilah yang memicu kanker dan tidak disadari konsumen. Sementara kanker sendiri bisa dideteksi dengan tes laboratorium.

"Semua hanya bisa dianalisis secara laboratoris dari efek yang terjadi. Efek karsinogenik (tumbuhnya kanker) bisa juga dipicu oleh bahan-bahan yang semestinya tidak dikonsumsi atau dikonsumsi dalam jumlah besar," tukasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1189 seconds (0.1#10.140)