Tubuh Ideal Pria Ternyata Berubah-ubah

Sabtu, 10 September 2016 - 04:34 WIB
Tubuh Ideal Pria Ternyata Berubah-ubah
Tubuh Ideal Pria Ternyata Berubah-ubah
A A A
JAKARTA - Memiliki bentuk tubuh yang proporsional merupakan idaman banyak orang, khususnya para pria. Namun, bentuk tubuh ideal pria dari tahun ke tahun ternyata terus mengalami perubahan, mulai perut buncit hingga atletis.

“Ini terjadi selama 150 tahun dan alasannya pun berubah-ubah, mulai status sosial atau karena alasan keindahan dan penampilan,” kata Head of Marketing Communication L-Men Angelique Dewi di FX Senayan, Jakarta.

Pada 1870-an, tubuh ideal pria identik dengan bentuk tubuh yang gemuk atau obese with big belly. Bentuk tubuh seperti ini pun dinilai mapan dan menunjukkan status sosial yang tinggi. "Karena saat itu makanan dinilai sebagai barang mewah. Jadi pria yang tubuhnya gemuk dinilai lebih mapan," terang dia.

Berbeda lagi dengan 1930-an, di mana bentuk tubuh pria ideal kembali berubah, yakni menjadi lebih kurus. Dengan nama Hollywood Ideal, tipe pria ini memiliki definisi otot cukup nyata.

"Ini karena kemampuan kamera dulu belum se-spektakuler sekarang, jadi mereka sukanya lean (kurus) banget, karena kalochubby sedikit kelihatan di kamera,” papar Dewi.

Perubahan bentuk tubuh ideal pria kembali mengalami perubahan pada 1960-an. Bentuk tubuh ideal disebut dengan slim counter culture. Bentuk tubuh ini dinilai lebih kecil. "Ini karena mereka capek dengan bentuk-bentuk tubuh artis Hollywood. Mereka tidak memperhatikan tubuh karena fokus pada kepemerintahan,” ungkapnya.

Namun seiring munculnya tempat gym di 1980-an, bentuk tubuh ideal pria pada tahun ini sangat berotot. “Ini zamannya Arnold Schwarzenegger dan Sylvester Stallone, namanya bulked bodies," jelas dia.

Sementara pada 1990-an hingga sekarang, bentuk tubuh ideal pria adalah berotot proporsional dengan BMI normal atau athletic proportional. "Menurut penelitian 72% pria ingin memiliki bentuk tubuh seperti ini karena menggambarkan kondisi tubuh yang sehat dan ideal," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7750 seconds (0.1#10.140)