Ini Resiko Melahirkan Normal

Minggu, 11 September 2016 - 08:59 WIB
Ini Resiko Melahirkan Normal
Ini Resiko Melahirkan Normal
A A A
JAKARTA - Proses persalinan secara normal menjadi yang paling diminati banyak calon ibu. Salah satu alasannya karena memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Tak heran jika berbagi cara dilakukan agar kaum perempuan bisa melahirkan secara normal.

Spesialis obstetri dan ginekologi MRCCC Siloam Hospitals Semanggi Dr dr Batara Sirait SpOG menjelaskan melahirkan secara normal lebih baik dibandingkan operasi caesar. Manfaat yang didapat dari melahirkan secara normal di antaranya, masa pemulihan lebih dan ibu bisa langsung menyusui.

"Bisa langsung pegang, bisa meningkatkan hubungan emosional dan baik untuk kedepannya. Anak akan memiliki bonding yang lebih baik dengan ibu. Bisa mengurangi komplikasi saat operasi, seperti perdarahan, timbulnya keloit dan perlengketan rahim dengan kandung kencing dan usus," kata Batara di MRCCC Siloam Hospitals Semanggi, Jakarta, belum lama ini.

Namun dibalik manfaat yang didapat, Batara mengingatkan melahirkan secara normal juga memiliki risiko, mulai robekan pada vagina hingga rasa nyeri saat berhubungan seks.

"Lahir normal bukan tanpa masalah. Dari bayi yang besar hampir 4 kilogram bisa menyebabkan vagina robek. Kalau saya, lebih baik vagina di gunting. Prinsipnya bisa terjadi sesuatu robekan. Hubungan suami istri juga bisa nyeri," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7336 seconds (0.1#10.140)