Yayasan Jantung Indonesia Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis

Rabu, 14 September 2016 - 21:05 WIB
Yayasan Jantung Indonesia Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis
Yayasan Jantung Indonesia Gelar Pemeriksaan Kesehatan Gratis
A A A
JAKARTA - Yayasan Jantung Indonesia (YJI) bersama Omron Healthcare Indonesia akan menggelar pemeriksaan tekanan darah dan kesehatan gula darah gratis secara serentak. Hal itu dilakukan untuk memperingati hari jantung sedunia setiap 29 September.

Kegiatan ini akan digelar di 16 kota besar di Indonesia pada Minggu, 25 September 2016 di Plaza Selatan Gelora Bung Karno dan 15 Kota lainnya di Indonesia secara gratis, di mana hasil pemeriksaan peserta nantinya akan kembali ditindak lanjuti oleh para dokter.

"Kegiatan utama pemeriksaan kesehatan di Jakarta, ada pemeriksaan gula darah dan tekanan darah. Kalau pemeriksaan kurang baik akan dilanjuti oleh dokter dari PERKI dan Yayasan Jantung Indonesia," kata Ketua Umum Yayasan Jantung Indonesia Syahlina Zuhal saat jumpa pers di Patio Trattoria & Pizzeria, Jakarta, Rabu (14/9/2016).

Selain pemeriksaan tekanan darah dan kesehatan gula darah, acara ini juga dimeriahkan beragam kegiatan menarik seperti, senam jantung dewasa dan remaja hingga demo bantuan hidup dasar untuk menanggulangi serangan jantung mendadak.

"Pemeriksaan secara rutin tekanan darah dan gula darah diharapkan bisa mengingatkan masyarakat betapa pentingnya menjaga kesehatan tekanan darah dan gula darah. Selain itu melalui kegiatan ini kami berharap masyarakat tetap bisa waspada akan ancaman penyakit kardiovaskular yang bisa menyerang siapa saja," jelasnya.

Seperti diketahui, penyakit kardiovaskuler merupakan penyebab kematian nomor satu di dunia dan menyebabkan kematian sebanyak 17,3 juta orang setiap tahunnya. Meski demikian, 80% kematian dini akibat penyakit kardiovaskuler bisa dicegah. Caranya menghindari rokok, mengonsumsi makanan sehat, melakukan aktivitas fisik dan hindari konsumsi alkohol.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3901 seconds (0.1#10.140)