Wah, Marah Baik untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 18 September 2016 - 07:43 WIB
Wah, Marah Baik untuk...
Wah, Marah Baik untuk Kesehatan Tubuh
A A A
LOS ANGELES - Kemarahan yang berasal dari kata marah merupakan emosi yang secara fisik mengakibatkan peningkatan denyut jantung serta tekanan darah. Tapi tahukah, kemarahan tidak semuanya buruk.

Kemarahan bisa juga menjadi sehat dan bahkan baik untuk kesehatan tubuh. Berdasarkan buku Nicomachean Ethics yang ditulis Aristoteles mengungkapkan, orang yang marah yang disebabkan sesuatu yang benar harus dipuji dan diapresiasi. Dibadingkan harus dipendam yang bisa saja membuat depresi dan menimbulkan penyakit.

Tidak hanya itu, Psikiater Dr Samir Parikh menilai kemarahan dalam kehidupan sehari-hari disebabkan masalah warga yang ditinggal di kota, tapi kemarahan yang diluapkan bisa saja diarahkan ke dalam sisi positifnya.

"Tapi itu hanya seperti emosi lainnya, itu adalah apa yang Anda lakukan yang membuatnya negatif atau positif dan bisa menjadi sesuatu yang sehat jika diarahkan positif dan akan negatif bila diarahkan menjadi sesuatu yang buruk," kata Dr Samir seperti dikutip Times Of India.

Untuk mendapatkan sesuatu rasa marah yang sehat, bisa dengan mengontrol emosi saat marah. Langkah pertama menuju memasuki zona kemarahan sehat adalah di posisi yang sadar secara emosional.

Sebab, marah saat sadar secara emosional bisa meningkatkan kesehatan dan kehidupan saat bekerja serta bisa merenggakan beberapa otot pada bagian tubuh. Selain itu, mendengarkan musik seusai meluapkan emosi marah bisa menguntungkan bagi kesehatan tubuh serta bisa meningkatkan kesehatan pada dalam bagian organ tubuh.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.1110 seconds (0.1#10.140)