5 Langkah Praktis Perawatan Kulit Pria

Rabu, 28 September 2016 - 04:21 WIB
5 Langkah Praktis Perawatan Kulit Pria
5 Langkah Praktis Perawatan Kulit Pria
A A A
JAKARTA - Bagi wanita, membersihkan kulit, khususnya wajah merupakan hal yang wajib dilakukan secara rutin. Tentu saja hal itu dapat menunjang kecantikan dan menjaga kesehatan kulit. Namun bagaimana dengan pria?

Apakah pria perlu merawat kulit untuk wajah mereka? Ya, sama seperti wanita, terlebih pria lebih sering beraktivitas outdoor sehingga sangat membutuhkan perawatan. Paparan sinar matahari, debu, dan polusi di luar ruangan akan sangat merusak kulit.

Nah, untuk perawatan wajah bagi kaum lelaki, seperti dikutip Discovergoodnutrition, ada 5 langkah praktis perawatan kulit wajah pria.

1. Membersihkan
Tak hanya untuk wanita, membersihkan kulit wajah juga menjadi suatu keharusan bagi pria. Membersihkan wajah harus dilakukan setiap pagi dan malam sebelum tidur. Jangan karena tidak melihat kotoran dan debu pada wajah, kemudian itu berarti wajah tetap bersih. Seluruh partikel kecil dari polusi, asap mobil, asap rokok, bahkan pengharum ruangan yang ditemui setiap hari bisa mendarat di kulit dan menyebabkan kerusakan.

Mengatasinya, jangan menggunakan sabun mandi biasa karena itu sarat akan deterjen dan pengharum yang sangat keras dan menyebabkan dehidrasi pada kulit. Gunakanlah sabun cuci muka yang cocok dengan kulit. Satu hal yang perlu diingat, kelebihan kotoran dan minyak dapat membuat pori-pori kulit wajah tersumbat dan berjerawat.

2. Eksfoliasi
Jika benar-benar ingin melihat dan merasakan perbedaan pada kulit, langkah mengeksfolias ini cukup penting. Eksfoliasi atau pengelupasan adalah proses menghilangkan sel-sel kulit mati dari permukaan kulit untuk merangsang sel-sel kulit baru di bawahnya. Kulit sebenarnya akan mengelupas secara alami, namun seiring bertambahnya usia, proses pengelupasan kulit mulai melambat dan perlu mencari solusinya.

Gunakanlah exfoliant scrub untuk membantu menghaluskan kulit dan menghilangkan kusam. Anda hanya perlu menggunakannya beberapa kali seminggu.

3. Pelembab
Pelembab dapat membuat perbedaan cukup signifikan pada permukaan kulit. Bahkan, pria cenderung membutuhkan pelembab lebih banyak dari wanita. Kok bisa? Hal ini karena kebanyakan pria kerap mencukur wajah mereka dan setiap kali mencukur, pria tidak hanya kehilangan janggut ataupun kumis, tetapi juga kehilangan minyak yang diperlukan oleh kulit.

Lalu apa yang harus dilakukan? Pelembab! Pelembab akan membantu untuk menjaga kelembaban kulit dan membantu mencegah ruam efek dari bercukur. Pilih pelembab yang mengandung SPF untuk membantu melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung yang merusak kulit. Jika tidak, akan muncul garis-garis halus pada kulit, keriput, dan yang terburuk kanker kulit.

4. Mata
Salah satu bagian wajah yang dapat menunjukkan tanda-tanda penuaan adalah sekitar mata. Sayangnya, bagian ini cenderung diabaikan mayoritas pria. Kulit di sekitar mata kita sangat kekurangan keringat dan kelenjar minyak sehingga rentan terhadap dehidrasi yang dapat menimbulkan garis-garis halus dan kerutan.

Cara mengatasinya, gunakanlah krim mata hydrating. Aplikasikan setetes kecil produk tersebut di bawah dan di sekitar kedua mata sehingga dapat membantu hidrasi, halus, dan melindungi kulit setiap hari. Oleskan krim mata setiap pagi dan malam sebelum tidur dan setelah wajah dibersihkan.

5. Bibir
Tak hanya bagi wanita, bibir pada pria pun ternyata mengalami masalah yang mungkin tidak disadari. Seiring bertambahnya usia, bibir semakin kehilangan kolagen. Sama dengan mata, bibir juga kekurangan keringat dan kelenjar minyak sehingga memerlukan perawatan lebih.
Bagi wanita, mereka mungkin dapat memanfaatkan lip liner, lipstick, lip gloss, serta lip balm. Semua produk tersebut memang solusi satu-satunya.

Bagaimana dengan pria? Pria pun tetap bisa menggunakan lip balm dengan SPF, kemudian aplikasikan sesering mungkin sepanjang hari jika bibir mulai mengering.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4891 seconds (0.1#10.140)