Bermain Wahana Roller Coaster Bantu Pasien Penyakit Batu Ginjal

Minggu, 02 Oktober 2016 - 20:41 WIB
Bermain Wahana Roller Coaster Bantu Pasien Penyakit Batu Ginjal
Bermain Wahana Roller Coaster Bantu Pasien Penyakit Batu Ginjal
A A A
JAKARTA - Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa bermain roller coaster tak hanya menyenangkan tapi juga bermanfaat baik untuk kesehatan. Penelitian ini menyebutkan, permainan ini bisa menyembuhkan pasien penyakit batu ginjal.

"Sudah ada bukti dari beberapa pasien bahwa permainan menegangkan ini dapat membantu menghilangkan batu ginjal kecil," papar profesor urologi di Michigan State University College of Osteopathic Medicine, di East Lansing, Dr. David Wartinger, seperti dilansir WebMD.

Wartinger dan timnya melakukan percobaan pada roller coaster Big Thunder Mountain Railroad di Orlando Walt Disney World. Selanjutnya, Wartinger menggunakan printer 3D untuk membuat model silikon yang jelas dari ginjal yang berisi urine, ditambah tiga batu ginjal dengan beda ukuran. Kemudian model ginjal ini diletakkan dalam tas ransel dan membawanya saat menaiki roller coaster.

"Naik di roller coaster intensitas sedang bisa menguntungkan beberapa pasien dengan batu ginjal kecil. Dalam percobaan ini, kami menemukan batu ginjal memecah seperti saat pasien menerima terapi seperti lithotripsy (tindakan memecah batu yang ditembakkan dari luar tubuh dengan menggunakan gelombang kejut yang dapat memecahkan batu ginjal menjadi pecahan yang halus dan keluar bersama dengan air seni)," kata dia.

Di balik manfaat yang dihasilkan, roller coaster tidak dianjurkan bagi mereka yang memiliki penyakit jantung.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4581 seconds (0.1#10.140)