Perhatikan! Ini Tanda-tanda Kelelahan

Sabtu, 08 Oktober 2016 - 13:25 WIB
Perhatikan! Ini Tanda-tanda Kelelahan
Perhatikan! Ini Tanda-tanda Kelelahan
A A A
JAKARTA - Meningkatnya kadar asam laktat menyebabkan tubuh mudah merasakan lelah meski baru beraktifitas hanya beberapa jam saja. Meningkatnya kadar asam laktat umumnya disebabkan oleh beberapa hal, seperti olahraga yang berlebihan dan kondisi kesehatan tertentu.

Dr. Michael Reo, Senior Medical Manager Darya-Varya menjelaskan, ada beberapa tanda yang menunjukkan jika tubuh mengalami kelelahan. Tanda yang paling sederhana adalah merasakan lelah dan mengeluh, ketika baru bekerja selama lima hingga enam jam.

"Kita punya waktu kerja delapan jam sehari. Seharusnya nutrisi kita mencukupi kebutuhan tubuh selama bekerja delapan jam. Delapan jam itu sudah melalui penelitian bertahun-tahun dan nutrisi kita memenuhi delapan jam itu. Kalau belum delapan jam sudah mengeluh berarti dia kekurangan nutrisi," papar Michael di Jakarta.

Selain itu, tanda kelelahan lainnya adalah tingginya timbunan asam laktat. Menurut Michael, kondisi ini bisa disebabkan oleh kurangnya nutrisi untuk metabolisme, yakni zinc. Zinc akan membantu mempercepat keluarnya asam laktat.

"Asam laktat adalah hasil perombakan energi. Misalnya glikogen yang dirombak proses aktivitasnya akan menghasilkan asam laktat. Makin banyak terbentuk asam laktat, akan semakin lelah. Karena itu butuh zinc untuk mempercepat pengeluarannya," jelasnya.

Emosi yang tinggi juga menjadi salah satu gejala lain dari kelelahan. Di mana energi yang kurang menyebabkan emosi seseorang tinggi. Selanjutnya, energi yang kurang diganti dengan stressor factor. "Makanya, kalau orang semakin lelah, dia akan mudah marah. Energi yang berkurang akan menaikkan hormon kortisol yang menyebabkan mood tidak bagus. Kalau diajak teman untuk hangout setelah kerja dia nggak mau," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5217 seconds (0.1#10.140)