Tinggi Mana Kolesterol Daging Kambing atau Sapi?

Rabu, 12 Oktober 2016 - 21:29 WIB
Tinggi Mana Kolesterol Daging Kambing atau Sapi?
Tinggi Mana Kolesterol Daging Kambing atau Sapi?
A A A
JAKARTA - Umumnya daging kambing kerap dihindari banyak orang. Alasannya takut terserang hipertensi atau darah tinggi. Di antara mereka juga memilih daging sapi yang dinilai lebih aman lantaran kandungan kolesterolnya rendah. Benarkan demikian?

Para peneliti dari Alabama Cooperative Extension System (ACES), melakukan penelitian bersama Universitas Alabama dan Auburn University di Amerika Serikat. Mereka mencoba meningkatkan kesadaran akan manfaat mengonsumsi daging kambing dalam jumlah sedang.

Para peneliti ACES mengatakan daging kambing mengandung gizi yang lebih tinggi dibandingkan daging sapi, domba, ayam, dan babi. Selain itu, peneliti juga menemukan daging kambing memiliki kadar kolesterol dan lemak jenuh yang lebih rendah dibandingkan daging lainnya. Dengan begitu, daging kambing bisa menjadi alternatif daging merah yang baik.

Tiga ons (85 gram) daging kambing mengandung 2,6 gram lemak dibandingkan dengan 7,9 gram daging sapi, domba (8,1 gram), babi (8,2 gram) dan ayam (6,3 gram). Sementara untuk kalori, daging kambing memiliki 122 kalori, dibandingkan daging sapi 179 kalori, domba 175 kalori, babi 180 kalori dan ayam 162 kalori.

Sedangkan jumlah lemak tak jenuh dalam daging kambing diketahui lebih rendah dari semua jenis daging merah. Begitu juga dengan asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh dalam tinggi kandungan zat besi.

Pecinta kuliner pun bisa bisa menikmati kembali kelezatan daging kambing, mulai sate, sop, hingga tongseng. Akan tetapi tetap harus diingat, dikonsumsi secukupnya saja, tidak berlebih.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7874 seconds (0.1#10.140)