Penderita Diabetes Menahun Wajib Periksa Mata

Jum'at, 21 Oktober 2016 - 07:19 WIB
Penderita Diabetes Menahun Wajib Periksa Mata
Penderita Diabetes Menahun Wajib Periksa Mata
A A A
JAKARTA - Konsultan vitreo retina di Rumah Sakit Mata Aini, Dr. Rumita S. Kadarisman, SpM menjelaskan, bahwa penyakit diabetes melitus menyebabkan berbagai macam komplikasi. Salah satunya komplikasi pada mata yang harus di waspadai atau retinopatik diabetik.

Retinopatik diabetik merupakan kelainan retina yang menyebabkan adanya gangguan penglihatan hingga kebutaan. Umumnya, kondisi ini terjadi pada pasien yang telah lama mengidap diabetes melitus atau sekitar lebih dari lima tahun.

"Karena itu, penting untuk melakukan pemeriksaan retinanya. Sekitar sepertiga dari orang-orang dengan diabetes, terkait diabetes atau retinopati, penyakitnya berkembang hingga tahap kerusakan mata," papar Dr. Rumita saat acara Diabetic Macular Edema (DME): Si Pencuri Penglihatan & Beban Hidup di The Hermitage, Jakarta, Kamis (20/10/2016).

Tingginya tingkat tekanan darah, gula darah dan kolesterol dinilai menjadi penyebab utama terjadinya retinopatik diabetik. Sementara, pada pasien diabetes menahun akan terjadi perubahan tingkat gula darah dari waktu ke waktu yang menyebabkan terjadinya kerusakan pada pembuluh darah kecil di dalam retina.

"Mata adalah harta yang sangat berharga, hampir 85 persen kehidupan kita bergantung pada mata. Jaga kesehatan mata sebaik mungkin. Yang terpenting, periksa mata juga bila tahu ada penyakit diabetes," pungkasnya.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7509 seconds (0.1#10.140)