125 Juta Orang di Dunia Menderita Psoriasis

Minggu, 30 Oktober 2016 - 02:29 WIB
125 Juta Orang di Dunia Menderita Psoriasis
125 Juta Orang di Dunia Menderita Psoriasis
A A A
JAKARTA - Berdasarkan data Worldpsoriaisday, sebanyak 125 juta orang diseluruh dunia menderita psoriasis. Sementara, data Departemen Kulit dan Kelamin FKUI dan Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) terdapat 71 kasus psoriasis baru pada 2015.

Kendati demikian Staf Divisi Dermatologi Pediatrik Departemen Ilmu Kesehatan Kulit dan Kelamin FKUI/RSCM dr Gita Rahmayunita SpKK menjelaskan penyakit tersebut tidak menular dan tidak menyebabkan kematian. Namun, hingga saat ini psoriasis belum bisa dipastikan bahwa penyakit ini dipicu oleh faktor genetik.

"Hanya saja sekitar 30% dari penderita psoriasis memiliki keluarga dengan riwayat penyakit yang sama. Orangtua non-psoriasis memiliki faktor risiko sebesar 12%, sedangkan orangtua yang terkena psoriasis memiliki faktor risiko 34-39% menurunkan penyakit tersebut kepada anak mereka," kata dr Gita pada saat peringatan World Psoriasis Day di Hotel Le Meridien, Jakarta, Sabtu (29/10/2016).

Pasien psoriasis perlu mendapatkan dukungan emosional. Pasalnya, meski tidak menyebabkan kematian, namun ini penting untuk menghilangkan stigam negatif dan penting untuk meningkatkan kepercayaan diri penderita.

"Psoriasis sangat berdampak pada kehidupan sosial ekonomi penderitanya, mulai dari gangguan tidur, menimbulkan rasa malu, merasa tidak percaya diri, hingga mengalami depresi dan bahkan menyulitkan kehidupan bekerja mereka," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6463 seconds (0.1#10.140)