Moana, Kisah Persahabatan dan Pahlawan yang Inspiratif

Jum'at, 11 November 2016 - 16:30 WIB
Moana, Kisah Persahabatan dan Pahlawan yang Inspiratif
Moana, Kisah Persahabatan dan Pahlawan yang Inspiratif
A A A
SINGAPURA - Kisah Princess Moana tengah menjadi bahan perbincangan. Itu karena hadirnya pendatang baru, Dwayne ‘The Rock’ Johnson yang mengisi suara kepala suku Maui, di mana Maui digambarkan melakukan perjalanan ke pulau misteri bersama Auli'i Cravalho.

Dalam cerita film yang akan edar pada 27 November 2016 ini, Maui memiliki kekuatan mitos dan kail ikan ajaib yang digunakan untuk menghentikan matahari, melepaskan pulau dari laut, dan melawan monster.

Lalu apa saja yang belum diketahui tentang cerita putri Polinesia ini? Berikut ini wawancara eksklusif Sindonews dan Koran Sindo dengan penyulih suara Moana, Auli'l Cravalho dan Producer Film Moana Osnat Shuhrer.

Pengisi suara Moana, Auli'l Cravalho
1. Bagaimana perasaan Anda menjadi pengisi suara Moana?
Aku merasa sangat senang dan aku sangat menyukai menjadi pengisi suara untuk Moana, dia sangat kuat, tegar dan berjiwa pahlawan. Menurut aku hal itu sangat penting bagi remaja di masa sekarang, di mana kita perlu lebih banyak pahlawan.

2. Apa yang paling berkesan saat menjadi pengisi suara Moana?
Aku mendapatkan banyak hal berkesan sejak aku berpartisipasi dalam film Moana. Salah satunya saat masuk ke tempat rekaman suara, di mana aku belum pernah melakukan sebelumnya.

Aku bukanlah seorang pengisi suara dan bukan aktris sesungguhnya, tetapi meskipun begitu, peran sebagai pengisi suara pertama dan masuk ke dalam peran tersebut merupakan sesuatu yang sangat berkesan, di mana aku bersama orang-orang terhebat, direktor film terhebat, dan staf terhebat Disney. Oleh karenanya aku menikmati semua hal tersebut.

3. Karakter lain yang Anda sukai di film Moana ini?
Moana menjadi karakter pertama yang paling aku sukai, tapi karakter lain adalah Mauli karena dapat dikatakan dia karakter yang sangat lucu. Lalu mereka seperti tim film produksi inginkan, hubungan yang tidak stabil antara Moana dan Molly diawal hubungan tersebut.

Menurut aku, hal itu sangat bagus karena itulah gambaran persahabatan yang sebenarnya, di mana meskipun terlihat sangat tidak stabil, tetapi mereka saling mengambil pelajaran satu sama lain dan berkembang melalui hubungan persahabatan mereka.

4. Bagian cerita yang paling Anda favoritnya di film Moana?
Hmmm, bagian cerita yang menjadi favorit, mungkin bagian-bagian akhir cerita film tersebut, di mana aku atau Moana tidak banyak bicara di akhir bagian cerita film ini, tetapi gambar-gambar dalam bagian tersebut yang menjadi hal-hal yang paling menyenangkan dan menjadi bagian penting yang paling berkesan bagiku karena Moana tidak perlu berkata banyak saat pertualangan hatinya dan mulai saat itu juga sebuah keluarga tercipta untuknya.

Hal ini sangat menakjubkan karena saat pertama memulai film, aku merasa Moana berusaha sangat keras terhadap dirinya diawal petualangannya, tetapi dibagian akhir keluarganya menyemangati dia dan memulai pertualangan mereka sendiri.

5. Apakah Anda ingin berpertualangan seperti Moana?
Tentu saja, ya tentunya aku harus pelan-pelan karena aku tidak terlalu yakin akan berpertualangan seratus mil jauhnya dalam waktu dekat ini, tetapi pastinya aku sangat menyukai dan tertarik akan hal itu.

6. Apa yang Anda harapakan dari film ini di Asia, terutama di Indonesia?
Aku sangat memanti-nanti peluncuran film ini, seperti yang aku katakan sebelumnya bahwa kita perlu lebih banyak pahlawan dengan pemikiran heroik yang menakjubkan. Menurutku Moana merupakan wujud yang tepat untuk lebih menekan kan ide tersebut.

Seperti ide untuk lebih banyak pahlawan berjiwa heroik. Dia sangat cantik dan baik hati ditambah dengan pemikirannya yang menakjubkan menjadikan dirinya secara lengkap, dia juga pintar. Jadi menurut aku setiap orang perlu tahu bahwa kau dapat menjadi apapun dan siapapun, di mana kamu bisa jadi pemberani dan menjadi dirimu sendiri.

7. Apa Anda punya rencana berkunjung ke Indonesia untuk promosi film Moana?
wah aku belum tahu bisa ke sana apa tidak. Mungkin kamu bisa tanya dengan Osna. Dia bisa memberikan penjelasan lebih rinci tentang hal itu.

Producer Film Moana, Osnat Shuhrer
1. Apa yang membuat moana berbeda dari film animasi lainnya?
Menurut aku cerita Moana itu sendiri yang sangat unik, tentang seorang gadis muda yang menjadi pahlawan bagi orang orang, di mana dia harus pasang badan untuk bertindak lebih jauh dibandingkan dengan orang-orang lain sampai selama ini dia hidup untuk menyelamatkan wilayahnya.

Menurutku itu sangat berat bagi gadis yang baru 16 tahun. Dia melakukannya dengan penuh rasa cinta dan keberanian yang jauh dari ketakutan dan itu membuatnya menjadi karakter yang special.

2. Apa kesulitan yang dialami selama pembuatan film ini?
Ada beberapa kesulitan. Bekerja dalam produksi sebagai contoh animasi yang dilakukan menggunakan komputerisasi dan digitalitas air. Berani mendesign film tentang air menggunakan hampir 80% dari komputerisasi merupakan tantangan besar untuk teknologi sehingga mereka harus menyiapkan software baru.

Di tiap aspek yang berkenaan tentang air dan menambahkan beberapa trick atau kompilasi ke dalamnya untuk membuat samudera terlihat nyata dan berkarakter. Berarti tim karakter dan animasi harus bekerja keras secara bersama yang berbeda dari pembuatan animasi yang lain.

Kemudian kami memutuskan untuk menambahkan sedikit animasi tattoo yang bisa bergerak dan itu sangat berbeda dari tradisi animasi dan animasi gambaran tangan yang mana film ini sangat mengutamakan animasi komputerisasi. Mencoba membuat hal keseluruhan baru secara keseluruhan dengan menggabungkan kedua hal tersebut (tradisi animasi/animasi gambaran tangan dan komputerisasi).

Kesulitan kemudian berlanjut, rambut kriting moana yang kami ingin terlihat menari dan bergerak luwes dan terlihat nyata saat basah, lalu seringnya dia menyentuh rambutnya selaknya gadis remaja pada umumnya dan itu membutuhkan program yang besar dari segi teknologi yang menjadi tantangan besar bagu tim untuk bekerja secara maksimal.

3. Apa standar dalam menentukan pengisi-pengisi suara film moana ini?
Pastinya kami mencari orang yang bisa bernyanyi dan harapannya, kami memiliki orang yang punya ritme dari daerah pasifik/pulau pasifik untuk mendapatkan terasa adanya koneksi dari karakter dengan jalan ceritanya.

Kemudian saat kami memikirkan tentang karakter Maui, kami langsung yakin secara pasti bahwa Downey Jhonson yang paling tepat, tanpa ada keraguan sedikitpun. Hal itu karena Downey Jhonson sangat mirip Maui.

Dia adalah seorang yang bisa mengatakan apa yang dia pikirkan (blak blakan) orang yang ramah, orang yang mudah disukai dan iya adalah pekerja yang hebat untuk di ajak bekerja sama, bertalenta, dia mempunyai kemampuan untuk berbicara pada saat yang tepat sebagi pengisi suara.

Kemudian saat kami sampai untuk moana kami ingin sekali lagi menemukan orang yang bisa bernyanyi dan berperan sesuai/cocok dengan film ini, kemudian orang dengan usia sekitar16 tahun, kemudian sekali lagi yang punya ritme atau logat dari daerah pasific. Kemudian kami melakukan perekrutan ke seluruh dunia sampai akhirnya kami menemukan Auli'i.

Hal itu menjadi jelas dia akan menjadi aktris hebat dan penyanyi yang berbakat yang memiliki jiwa Moana yaitu rasa belas kasih bersama dengan karakter-karakter yang lain. Oleh karnanya yang paling penting adalah kami tahu dialah orangnya.

4. Apakah Anda puas dengan kedua orang tersebut sebagai pengisi suara utama Moana?
Aku sangat puas dengan Downey Jhonson dan Auli. Hasil kerja mereka sangat bagus dan mereka saling berkoneksi satu sama lain terhadap jalan ceritanya dan budaya yang diangkat.

Cerita tersebut dan membantu membentuk kedua karakter tersebut oleh karena hal tersebut. Aku berpendapat bahwa mereka berdua bisa membawakan lagu sejalan dengan humor yang membutukan waktu yang pas dan emosi yang tepat, di mana hal tersebut memerlukan keberanian untuk mengekspeksikan emosi.

5. Apa yang ekspesktasi Anda terhadap film ini di Asia, terutama Indonesia?
Aku berharap orang-orang akan tertarik dan menyukainya, di mana film ini mengajarkan tentang keberanian dan film tentang hal-hal yang berkaitan pada setiap orang yang mana kita tau bahwa masing-masing kita memiliki pendapat dalam diri kita tentang kita ingin menjadi apa dan bagaimana dunia sekitar kita berfikir seharusnya kita menjadi apa.

Menurut aku, berapa pun umurmu dan apapun jenis kelaminmu, film ini dapat menginspirasi orang-orang dan membuat orang-orang berfikir ulang siapa diri mereka sebenarnya dan mendengarkan suara untuk mereka dari pulau besar. Kemudian jika film ini bisa berkontribusi bagi pelestarian lingkungan meskipun hanya sebagian kecil, itu akan menjadi hal yang mengaggumkan. Oleh karenanya aku berharap dari film ini di Asia sama halnya dengan wilayah lain di dunia bahwa setiap orang dan menyukai film ini dan memahami pesan moral dari film ini.

6. Apakah Anda berencana membuat film di Indonesia?
Sekedar informasi bahwa kami (Disney) secara khusus membuat film dari berbagi macam budaya yang berbeda-beda dan Indonesia merupakan negara yang sangat sangat kaya akan cerita tradisional (cerita daerah) dan begitu banyak cerita menarik yang hebat, maka aku tidak akan mengatakan hal tersebut tidak mungkin, tapi perlu adanya pemahaman cerita bagi direktur dan dunia untuk dikembangkan.

Butuh waktu 5 tahun untuk film ini, olehkarenanya kamu harus benar-benar memahami dan terhubung dengan ceritanya untuk mewujudkannya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4378 seconds (0.1#10.140)