Sering Menonton Acara Memasak di Televisi Picu Masalah Kesehatan

Minggu, 13 November 2016 - 13:30 WIB
Sering Menonton Acara Memasak di Televisi Picu Masalah Kesehatan
Sering Menonton Acara Memasak di Televisi Picu Masalah Kesehatan
A A A
JAKARTA - Menonton acara memasak memang menyenangkan. Pasalnya, melalui acara ini Anda bisa mendapatkan banyak inspirasi menu baru untuk memasak. Namun, waspadalah terhadap kebiasaan ini.

Dilansir dari Medical Daily, sebuah penelitian terbaru mengungkapkan, bahwa program memasak di televisi bisa membahayakan kesehatan. Acara tersebut bisa membuat penurunan standar keamanan memasak.

Hal ini terjadi ketika penonton memilih lebih mengikuti standar di televisi dibandingkan mengikuti standar yang ditentukan oleh pihak berwenang. Kesimpulan penelitian ini didapat melalui survei 19 pertanyaan yang mengukur higienitas pengolahan makan, penggunaan peralatan, sarung tangan perlindungan terhadap kontaminasi, waktu memasak dan kontrol temperatur.

Selanjutnya, panel regulator negara bagian dan praktisi keamanan makanan menonton 10 acara memasak yang populer dan berpartisipasi dalam melakukan penilaian ini. Setiap orang menyaksikan 2—6 episode per acara, dengan total 39 episode.

"Sangat banyak kesempatan pada acara memasak tersebut untuk mengedukasi publik tentang praktik menangani keamanan makanan dan membantu mengurangi penyakit bawaan dari makanan. Nutrisi dan pengedukasian keamanan makanan bisa bekerja dengan media untuk memproduksi acara yang mendemonstrasikan perilaku keamanan makanan yang positif. Acara itu juga bisa mengedukasi konsumen mengenai praktik keamanan makanan saat mereka mengadopsi resep tersebut,” papar pemimpin penelitian Nancy L. Cohen.

Hal senada juga diungkapkan oleh penelitian lainnya. Penelitian University of Vermont pada tahun 2015 menemukan, bahwa acara memasak di televisi memicu peningkatan berat badan penonton yang bisa menyebabkan masalah kesehatan.

Selain itu, para peneliti juga menemukan wanita yang biasa menyaksikan saluran makanan di televisi dan sering memasak menggunakan resep dari acara tersebut, mengalami peningkatan indeks massa tubuh lebih tinggi dibandingkan mereka yang menggunakan resep dari keluarga, teman, media cetak, dan kelas memasak.

Demi kesehatan, para peneliti menganjurkan untuk mengurasi intensitas menonton acara memasak. Sebaiknya, belajar memasak langsung dari orang terdekat dan tidak menggunakan resep dari acara tersebut.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9524 seconds (0.1#10.140)