Cegah Diabetes dengan CERDIK!

Senin, 14 November 2016 - 12:22 WIB
Cegah Diabetes dengan CERDIK!
Cegah Diabetes dengan CERDIK!
A A A
JAKARTA - Memperingati hari diabetes sedunia yang jatuh setiap tanggal 14 November, Senior General Practitioner Rumah Sakit Columbia Asia Jakarta, Dr. Hotma Hutabarat menyarankan untuk mencegah diabetes dengan menjalankan pola hidup sehat. Pasalnya, pentingnya melakukan pencegahan penyakit diabetes sedini mungkin.

"Agar dapat mencegah terjadinya penyakit diabetes, kita harus membiasakan diri untuk hidup sehat," papar Dr. Hotma saat Hands4Diabetes Tropicana Slim di Lapangan Banteng, Minggu (13/11/2016).

Pola hidup sehat yang dimaksud adalah dengan menerapkan aksi CERDIK. Cara ini pun juga disarankan oleh Kementerian Kesehatan RI dan terbukti mampu mencegah terjadinya diabetes hingga komplikasi yang mematikan.

"Cek kesehatan secara teratur, Enyahkan asap rokok dan tidak merokok, Rajin melakukan aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat yang cukup, dan Kelola stres," pungkasnya.

Berdasarkan Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2013, terjadi peningkatan prevalensi penderita diabetes di Indonesia dari 5.7% (2007) menjadi 6.9%, dimana 2 dari 3 diabetesi tidak sadar bahwa dirinya mengalami diabetes. Hal ini memicu diabetes dengan komplikasi menjadi penyebab kematian tertinggi ketiga di Indonesia, yakni adanya keterlambatan penanganan.
(nfl)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5871 seconds (0.1#10.140)