Ini Cara Jaga Kesehatan Anak saat Musim Pancaroba

Sabtu, 03 Desember 2016 - 16:14 WIB
Ini Cara Jaga Kesehatan Anak saat Musim Pancaroba
Ini Cara Jaga Kesehatan Anak saat Musim Pancaroba
A A A
JAKARTA - Saat musim pancaroba tiba, banyak orang tua kesulitan menjaga kesehatan anak. Nah, Tabloid Mom & Kiddie pun menggelar talkshow Moms Meet Solution bertajuk Happy Kids Healthy Moms. Acara ini sebagai ajang berbagi ilmu dan pengalaman mengurus anak di musim pancaroba seperti sekarang ini.

"Kami mewakili MNC Print, kami dari tabloid Mom & Kiddie bekerja sama dengan Transpulmin dan RSIA Bunda untuk melakukan event edukasi untuk para mom and dad yaitu Happy Kids Healthy Mom yang menjadi bagian dari signature acara kami yaitu, Moms Meet Solution sebagai bentuk koneksi tabloid Mom & Kiddie dengan pembaca,” kata Rini Irawati, perwakilan dari tabloid Mom & Kiddie saat ditemui di RSIA Bunda, Jakarta, Sabtu, (3/12/2016).

Dr Melanie Yudiana Iskandar SpA yang menjadi salah satu nara sumber mengatakan di musim yang tidak menentu seperti sekarang ini memang beresiko bagi anak untuk terjangkit penyakit seperti batuk, panas, dan flu.

Oleh karena itu, penting bagi orang tua untuk menjaga kesehatan anak dan dirinya sendiri, dimulai dengan hal sederhana seperti, mencuci tangan dengan benar, mengonsumsi makanan bergizi, dan vitamin. Tak hanya itu, penting pula bagi ibu untuk lebih paham mengenai gejala atau penyebab dari sakit yang dialami anak sehingga dapat mencari solusi yang tepat.

"Kalau di musim pancaroba seperti sekarang ini penyakit yang sering dialami anak, ya batuk, flu, sama diare. Yang namanya jaga kebersihan itu penting banget, cuci tangan nggak boleh lupa. Mau orang tua, yang jaga anak, dan anaknya pun harus diajarkan cuci tangan yang benar,” kata Melanie.

“Orang tua juga harus jaga kesehatan, minum vitamin, makan yang bagus, terus kalau udah terlanjur sakit jangan lupa pakai masker. Jangan alesan ribet lah, nanti ditarik anak lah, semuanya ini demi anak kok. Selain itu, ibu juga harus tahu penyebab sakitnya si anak, cari solusinya. Jangan langsung dibawa ke dokter, langsung dikasih obat" tambah dia.

Sementara, artis sekaligus dokter, Nycta Gina ikut berbagi pengalaman dalam menjaga kesehatan, khususnya terkait putranya, Panutan Adhya Semesta Trinycta yang kini telah berusia tujuh bulan.

Artis yang akrab disapa Gina ini mengaku saat anak sakit, dia lebih memilih untuk mengoleskan balsem khusus, memberikan aroma terapi, ataupun menyalakan diffuser sebagai pertolongan pertama, daripada membawanya ke dokter. Dia pun selalu memantau makanan dan kebersihan alat makan yang digunakan oleh sang anak.

"Sejauh ini aku belum tau banyak karena Alhamdulillah anak aku baru sakit dua kali, tapi cuma kayak pilek sehari, terus ilang. Tapi aku memang termasuk tipe ibu yang nggak suka langsung kasih obat. Waktu kemarin sempet sakit, aku gosokin balsem baby gitu, terus aroma terapi. Pas mau tidur juga aku pasangin diffuser,” jelasnya.

“Kalau sudah lebih dari lima hari atau seminggu masih belum sembuh, baru aku bawa ke dokter. Soalnya suka ada aja, misalnya pas aku praktek, ibu-ibu pada minta antibiotik padahal sakitnya baru. Jadi aku menjaga anak aku sebaik mungkin aja, terutama untuk antubodi, kayak dari makanan, aku atur, kan sudah MPASI yah, terus kebersihan alat makannya, suster juga aku pantau," pungkas Gina.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6909 seconds (0.1#10.140)