Ini Cara Mengobati Biang Keringat

Jum'at, 16 Desember 2016 - 19:02 WIB
Ini Cara Mengobati Biang Keringat
Ini Cara Mengobati Biang Keringat
A A A
JAKARTA - Biang keringat atau miliaria merupakan ruam kecil berwarna merah dan menonjol, disertai dengan rasa gatal. Tak hanya terjadi pada bayi, kondisi ini juga bisa menyerang orang dewasa, khususnya saat cuaca sedang panas atau bersuhu lembap.

Mengatasi biang keringat, dokter spesialis kulit dan kelamin dr Eddy Karta SpKK menyarankan untuk melakukan perawatan khusus. Menurutnya perawatan dan pengobatan yang tepat bisa membuat kulit tetap terasa sejuk dan dingin.

"Misalnya memberikan bahan-bahan penyerap keringat seperti talc agar kulit kering, sejuk, dan tidak ada keringat yang berlebih. Nah, untuk mengobati kerusakan kelenjar keringat yang sudah terjadi dapat diberikan krim antigatal, antiradang, antibiotik," kata dr Eddy.

Sementara untuk perawatan, bisa dilakukan dengan memilih bahan pakaian yang menyerap keringat seperti pakaian berbahan katun. Pastikan juga Anda tidak mengenakan pakaian terlalu ketat, khususnya saat udara panas dan lembab.

Jangan lupa memenuhi kebutuhan hidrasi dengan mengonsumsi air putih yang cukup agar kesehatan kulit tetap terjaga. Selain itu, pastikan Anda menjaga kebersihan kulit agar tidak terjadi penumpukan bakteri.

"Jika suhu panas, pakai bedak yang bisa menyerap keringat. Buat suasana kerja yang lebih sejuk dengan penyejuk ruangan seperti AC atau kipas angin. Bila perlu mandi lebih sering dengan air dingin untuk mengeringkan keringat dan menyejukkan kulit," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6873 seconds (0.1#10.140)