Angkat Tema Soundtrack, Akbar dan Ditya Salah Pilih Lagu

Minggu, 25 Desember 2016 - 17:47 WIB
Angkat Tema Soundtrack, Akbar dan Ditya Salah Pilih Lagu
Angkat Tema Soundtrack, Akbar dan Ditya Salah Pilih Lagu
A A A
JAKARTA - Specta Show Indonesian Idol Junior 2016 telah memasuki babak top 12 pada Minggu (25/12/2016). Pada kesempatan ini, tema yang diangkat adalah soundtrack sehingga pada junior pun menyanyikan lagu-lagu tema film yang kondang.

Penampilan pertama dibuka Navis yang langsung memberikan suasana bahagia dengan aksinya bermain ukulele sambil berlompatan ke sana kemari menyanyikan lagu Happy yang merupakan soundtrack film Despicable Me 2. Penampilannya pun langsung menuai pujian dari para juri, yaitu Daniel Mananta, Vidi Aldiano dan Nola B3. Sementara, Putri yang membawakan lagu Dealova langsug mendapatkan pujian dari Nola.

Hujan pujian juga diterima Aura yang menyanyikan lagu Malaikat Juga Tahu. Nola bahkan mengaku merinding saat mendengarkan Aura menyanyikan lagu itu. Daniel pun juga dibuat terpukau dengan penampilan itu.

“Elegan. Kamu charming, tenang. Ini ada satu karakter dari lagu ini dan kamu berhasil lahirkan di atas panggung,” ujar Daniel.

Sedangkan, Ayi langsung disebut Vidi memiliki aura rock star. Pelantun Nuansa Bening itu bahkan tak segan menyebut junior asal Poso itu bak Ariel Noah.

“Karisma kami semakin kuat. Ke depan, Kak Vidi ingin lihat kamu bisa improvisasi sebuah lagu. Kak Vidi ingin lihat Ayi bisa ngapain lagi sih,” kata Vidi.

Masalah improvisasi ini juga disampaikan Nola dan Vidi kepada Paundra. Menyanyikan lagu Will You Be There milik Michael Jackson yang menjadi soundtrack film Free Willy, Paundra dinilai kurang berani bereksplorasi meskipun penampilannya sudah cukup keren.

Saran juga disampaikan juri kepada Nadya. Nola memberinya PR berupa ekspresi saat menyanyi. Kurangnya ekspresi Nadya dalam menyanyi ini juga diakui oleh Daniel.

Selain ekspresi, fokus saat menyanyi juga diperhatikan para juri. Saran agar fokus ini disampaikan Vidi kepada Maxis yang menyanyikan soundtrack Ada Apa dengan Cinta, yaitu Ku Bahagia. Daniel turut menambahkan bahwa junior asal Kupang ini juga harus mengembangkan kepercayaan diri di atas panggung karena dia dinilai kurang menguasai panggung.

Daniel juga memberikan kritikan kepada Sharon yang menyanyikan lagu Sempurna. Bagi Daniel, lagu itu seharusnya dinyanyikan tanpa banyak usaha. Sayang, Sharon justru terlihat penuh usaha untuk menyanyikan lagu itu sehingga penampilannya kurang memuaskan. “Kak Daniel pernah lihat penampilan Sharon yang jauh lebih baik dari ini,” ujar dia.

Sementara, menjadi penutup Specta kali ini, Alycia juga mendapatkan masukan dari juri. Menyanyikan lagu Let It Go versi Bahasa Indonesia, Alycia dinilai kurang menikmati lagu ini.

“Kamu lebih enjoy pas nyanyi lagu ini versi bahasa Inggris. Ini bahaya,” kata Daniel.

Mantan VJ MTV itu menyebut lagunya kurang cocok dengan Alycia. Tapi, Vidi menilai, Alycia tidak salah pilih lagu, tapi karena orang lebih familiar dengan versi bahasa Inggris, sehingga versi bahasa Indonesia-nya kurang dikenal.

Soal pemilihan lagu, dua junior ini mendapatkan kritikan dan masukan dari para juri. Yang pertama adalah Akbar.

Menyanyikan OST Troll, yaitu Can’t Stop The Feeling, Akbar mendapatkan kritikan keras dari Daniel. Dia menyebut penampilan tersebut nanggung. Meski pembukaannya bagus, tapi Akbar tidak bisa konsisten dan di beberapa bagian, kontestan asal Bogor ini sepertinya kurang yakin.

“Lagunya untuk anak seumur kamu agak susah karena kamu dalam masa transisi suara. Kamu salah pilih lagu,” timpal Vidi.

Salah pilih lagu juga dinilai terjadi pada diri Ditya. Junior paling muda ini memilih menyanyikan lagu yang dinilai punya tingkat kesulitan cukup tinggi, yaitu Reflection, soundtrack Mulan.

“Kamu ini polos dan tulus dalam membawakan lagu. Kamu nggak pernah nyanyiin lagu yang terlalu rumit. Tapi, hari ini, kamu pilih lagu yang sangat amat susah. Lagu ini susah dibawakan. Bagian depan tadi ada miss. Kamu milih lagu yang kurang tepat,” papar Vidi.

Nola juga mendukung pernyataan Vidi itu. Tapi, dia mendorong agar Ditya terus berlatih. “Kamu ini mentalnya luar biasa. Kamu cukup tenang. Kamu tampil tanpa beban. Kamu nyanyi ya nyanyi. Lagu ini tingkat kesulitannya tinggi, tapi bukan berarti kamu nggak bisa nyanyi. Kamu latiha terus ya,” tutur Nola.
(alv)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8413 seconds (0.1#10.140)