Ini Cara Atasi Anak Tak Boros dan Konsumtif

Rabu, 28 Desember 2016 - 07:12 WIB
Ini Cara Atasi Anak Tak Boros dan Konsumtif
Ini Cara Atasi Anak Tak Boros dan Konsumtif
A A A
JAKARTA - Memiliki anak yang tidak boros ataupun konsumtif tentu menjadi keinginan setiap orang tua. Namun untuk mencapainya orang tua harus mendidik anak sejak dini sehingga anak bisa memilah mana yang dibutuhkan dan tidak.

Psikolog Anak dan Remaja Samanta Ananta mengatakan hal utama yang harus ditanamkan pada anak adalah sikap disiplin, terutama dalam memiliki skala prioritas.

"Balik lagi ke nilai dalam keluarga, apa yang mau dijadikan sebagai pondasi dalam mendidik anak. Selain mengajarkan menabung, kalau anak mau beli sesuatu itu harus ada skala prioritas. Disiplin itu hal yang paling dibutuhkan," kata Samanta.

"Disiplin misalnya, sebagai orang tua, ada jadwal beli mainan sebulan sekali atau tiga bulan sekali. Terus tujuan beli mainan itu apa? Antara beli boneka sama beli mainan yang kreatif itu kan tujuannya berbeda. Itu harus diberitahukan kepada anak," tambah dia.

Tak hanya itu, jika memiliki anak yang telah berusia 4 sampai 5 tahun, biasanya mereka mulai meminta sendiri apa saja yang mereka inginkan. Untuk mengatasi hal ini, ajak anak berdiskusi dan membuat rencana tentang mainan atau barang mana yang akan dibeli terlebih dahulu.

"Nah, ajak anak diskusi itu juga penting. Misalnya anak yang sudah agak besar biasanya minta, dia mau mainan, tapi mau juga krayon karena si anak hobi menggambar. Kasih pilihan sama anak, mainan atau krayon. Jadi buatlah semua terencana supaya anak lama-lama terbiasa, tidak boros," pungkasnya.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8330 seconds (0.1#10.140)