Waspada! Timbal Logam pada Kosmetik Picu Gangguan Ginjal

Kamis, 29 Desember 2016 - 15:33 WIB
Waspada! Timbal Logam pada Kosmetik Picu Gangguan Ginjal
Waspada! Timbal Logam pada Kosmetik Picu Gangguan Ginjal
A A A
LOS ANGELES - Tidak sedikit perlengkapan make up mengandung bahan kimia. Efeknya menimbulkan berbagai macam masalah kesehatan. Hal ini tengah menjadi sorotan dinas kesehatan Amerika Serikat. Beberapa jenis kosmetik yang mengandung timbal logam di antaranya lipstick, lip gloss, lip liner, body lotion, bedak tabor, dan sampo.

Dilansir Fox News, Food and Drugs Administration membuat peraturan baru terkait batas pada jumlah timbal logam yang diperbolehkan pada setiap kosmetik.

“Kami menegaskan pada pihak yang memproduksi serta mendistribusi kosmetik berbahan timbal logam untuk memasukkan bahan tersebut dalam jumlah kurang dari 10 mg,” kata perwakilan Food and Drugs Administration.

Terkait masalah timbale logam pada kosmetik, Enviromental Protection Agency di Amerika Serikat mengungkapkan pendapatnya.

"Timbal merupakan unsur alami yang biasa ditemukan di kerak bumi. Kendati memiliki banyak manfaat, namun jumlah yang terlalu banyak dapat berubah menjadi racun bagi manusia dan hewan lantaran menimbulkan masalah pada kesehatan," ungkapnya.

Seperti diketahui, paparan timbal logam bisa menyebabkan gangguan pada fungsi kardiovaskular dan memicu masalah pada ginjal. Sementara pada wanita hamil, bahan kimia ini bisa menyebabkan kelahiran prematur serta menghambat pertumbuhan janin.
(tdy)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7251 seconds (0.1#10.140)